Jumat, 25 Januari 2019

Beberapa Jenis Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Alat kesehatan (baca juga : https://www.jakmall.com/alat-kesehatan-kecantikan) sebaiknya juga dimiliki di rumah agar Anda bisa melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Alat ini tidak harus secanggih peralatan medis di rumah sakit, namun setidaknya dengan beberapa alat kesehatan dasar ini Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan terkini. Menyediakan alat-alat kesehatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Anda terhadap kesehatan. 

Alat Kesehatan

Ya, kesehatan merupakan hal yang penting untuk dijaga agar Anda dapat beraktivitas dengan baik. Anda harus menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan nutrisi di dalam tubuh terpenuhi. Selain itu, olahraga rutin juga sangat disarankan agar tubuh tetap bugar.

Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Berikut ini beberapa jenis alat kesehatan yang harus Anda miliki di rumah. 

1.    Timbangan BB
Timbangan berat badan merupakan alat yang bisa Anda gunakan secara rutin setiap bulan untuk mengontrol berat badan. Terlebih bagi yang menjaga tubuh agar tetap ideal. Timbangan ini akan menjadi motivasi Anda untuk bisa mengonsumsi makanan yang sehat. Tidak hanya menjaga makanan yang dikonsumsi, tetapi juga menjadi kontrol terhadap aktivitas. Hal ini karena berat badan juga dipengaruhi oleh aktivitas yang dilakukan. 

2.    Tensimeter
Tensimeter masuk dalam salah satu alat kesehatan yang harus disediakan di rumah. Terlebih jika Anda memiliki riwayat darah tinggi. Tensimeter akan membantu Anda memantau tekanan darah agar tidak terserang risiko penyakit, seperti penyakit jantung.
Ada banyak penyebab yang dapat menaikkan tekanan darah, misalnya; makanan, suhu, aktivitas, dan beban pikiran. Jadi, tanpa perlu terus-terusan ke rumah sakit Anda bisa mengukur tensi secara mandiri di rumah. 

3.    Thermometer
Bisa dibilang thermometer ini wajib ada di setiap rumah. Alat ini akan mengatasi kepanikan Anda saat mendapati anak sedang mengalami demam. Adanya alat ini akan memberi tahu bahwa kondisi suhunya masih dalam kondisi normal atau tidak. Dari status suhu tubuh yang didapatkan, Anda pun dapat menentukan tindakan yang harus dilakukan.
Sebelum menggunakan alat ini, penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi suhu yang normal untuk setiap usia. Pada bayi, suhu normalnya adalah 36,1 – 37,7 derajat Celcius. Pada anak-anak, suhu normalnya adalah 36,3 – 37,7 derajat Celcius. Pada orang dewasa, suhu normalnya adalah 36,5 – 37,5 derajat celcius. 

4.    Masker
Masker juga penting untuk ada di rumah karena ini akan mencegah Anda tertular virus saat ada yang mengalami flu. Masker dapat digunakan sesuai dengan kondisi lingkungan. Anda dapat pula menggunakannya saat sedang bersih-bersih rumah agar tidak terhirup debu. Masker ini bukan alat yang mahal, sehingga tidak menjadi halangan untuk menyediakannya. Ini menjadi salah satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan dalam menjaga kesehatan. 

5.    Pengukur Lingkar Pinggang
Ukuran perut yang besar tentunya membuat lingkar pinggang Anda turut menjadi besar. Jangan abaikan kondisi ini karena berisiko terhadap berbagai jenis penyakit. Anda perlu menyediakan pengukur lingkar pinggang di rumah untuk mengontrol kondisi lemak yang menumpuk di bagian pinggang atau perut. Kondisi lemak di bagian ini menjadi pemicu penyakit obesitas yang jika tidak terkendali bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

6.    Pulse Oximetry
Kondisi tubuh yang sehat atau tidak juga dapat dipantau dengan menggunakan pulse oximetry. Alat ini bekerja untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah. Cara penggunaannya dapat dilakukan tanpa perlu memasukkan alat apa pun ke dalam tubuh. Cara kerja alat ini dengan mengukur kadar hemoglobin dalam darah serta kondisi detak jantung. 

Demikianlah beberapa dari alat kesehatan yang harus ada di rumah. Alat-alat tersebut akan membantu Anda memantau kesehatan secara berkala. Dengan begitu Anda pun bisa lebih sigap ketika mendapati ada yang tidak normal pada kesehatan.

Related Posts

Beberapa Jenis Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah
4/ 5
Oleh