Senin, 12 September 2022

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Gunting Rambut Wanita

Gunting Rambut Wanita

Bagi sebagian wanita yang jarang memotong rambut, pergi ke salon dianggap merepotkan. Namun sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke salon karena Anda bisa belajar cara memotong rambut sendiri. Proses gunting rambut wanita sangatlah penting dan tentunya hasilnya bagus dan juga tidak merusak rambut. 


Kesalahan Saat Memotong Rambut

 
1.    Memotong Rambut dalam Kondisi Basah
Penata rambut profesional biasanya memotong rambut dalam kondisi basah. Karena mereka bisa memperkirakan perbedaan panjang rambut saat basah dan kering. Namun, bukan berarti Anda boleh memotong rambut dalam keadaan basah. 


Pemula disarankan untuk memotong rambut dalam kondisi kering agar tidak sulit menentukan panjangnya. Jangan biarkan rambut Anda menjadi terlalu pendek dan terlihat berantakan setelah dipotong basah. Atau jika memang Anda lebih mudah memotong rambut dalam kondisi rambut basah, sebaiknya potong dengan panjang di bawah panjang yang Anda inginkan. 


2.    Memakai Gunting yang Kurang Tajam

Pilihan gunting juga sangat menentukan keberhasilan pemotongan sendiri di rumah. Sebaiknya gunakan gunting khusus untuk memotong rambut yang memiliki ketajaman lebih tinggi dari gunting biasa. Gunting yang tidak tajam akan mempersulit proses pemotongan rambut. Akibatnya, rambut cenderung rontok bahkan bercabang. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan gunting yang tepat untuk membuat potongan yang diinginkan.


3.    Tidak Menyisir Rambut Terlebih Dahulu

Salah satu prosedur penting yang harus diikuti sebelum potong rambut adalah menyisir. Anda perlu memastikan tidak ada rambut yang kusut sebelum dipotong. Sisir rambut Anda dengan hati-hati lalu tarik ke belakang sebelum Anda mulai memotong. Metode sederhana ini akan membuat potongan simetris.


4.    Memilih Model Rambut yang Terlalu Sulit

Anda harus membatasi potongan rambut dengan gaya rambut yang sulit. Karena gaya rambut yang rumit membutuhkan jasa penata rambut profesional. Jangan sampai niat untuk memotong rambut sesuai gaya tertentu malah membuat bentuk rambut Anda tidak merata. Pilih gaya rambut sederhana sehingga Anda dapat mencapai ini dengan memotong rambut Anda sendiri di rumah.


5.    Tidak Mempertimbangkan Bentuk Wajah

Bentuk wajah adalah salah satu pertimbangan utama yang tidak boleh diabaikan jika Anda ingin memotong rambut di rumah. Misalnya, Anda perlu memilih gaya rambut yang tepat untuk menyembunyikan pipi tembem Anda. Memilih model rambut yang salah bisa menurunkan kepercayaan diri karena perbandingan antara rambut dan bentuk wajah terlihat kurang serasi.


6.    Tidak Memeriksa Rambut Bagian Belakang

Jangan langsung puas dengan potongan rambut yang rapi. Anda juga harus memeriksa bagian belakang rambut Anda dengan cermin atau orang lain. Pastikan bagian belakang rambut juga rapi dan proporsional.


7.    Memotong Rambut yang Baru Dicatok atau Di-blow
Memotong rambut sebaiknya dilakukan saat rambut tidak ditata. Sehingga Anda dapat melihat dengan jelas bentuk rambut asli Anda dan menyesuaikan gaya rambut yang Anda inginkan. Hindari memotong bagian rambut yang baru saja di styling, karena cenderung membuat gaya rambut terlihat berantakan. 


Fakta bahwa rambut terlalu pendek membuat penampilan Anda tidak menarik bagi beberapa orang. Lebih baik styling rambut setelah potong rambut untuk menekankan bentuk rambut dan membuatnya terlihat lebih baik.  Setelah memotong rambut, pastikan potongan rambut terakhir kali barulah melakukan styling. 


Namun, sebelum menata rambut, sebaiknya gunakan pelindung rambut seperti TRESemmé Keratin Smooth Heat Protect Spray, yang diformulasikan khusus untuk membantu melindungi rambut dari panasnya penataan, memberikan protein pada rambut, Membuat rambut lembut dan berkilau. Ini juga akan melindungi rambut dari kerusakan. Tentu Anda tidak ingin proses gunting rambut wanita rusak karena panasnya alat styling.

Related Posts

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Gunting Rambut Wanita
4/ 5
Oleh