Kamis, 21 Juni 2018

Cara Melepas Pipa PVC yang Bocor tanpa Merusak Pipa



Apakah Pipa PVC di rumah anda bocor? Tidak usah panik, anda bisa mengatasinya dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini. Tidak usah hubungi tukang service dulu, karena siapa tahu anda dapat mengatasinya dengan satu langkah mudah. Cukup gunakan lem pipa dan masalah pipa bocor pun dapat segera anda atasi. Di rumah ada banyak bagian yang menggunakan pipa pvc sebagai saluran, misalnya pembuangan air ataupun saluran air bersih entah itu untuk air panas maupun air biasa. Jika pipa pvc di rumah bocor memang bisa sangat merepotkan dan harus cepat segera di atasi daripada rumah kita tergenang air. Untuk itu, kita sebaiknya belajar bagaimana cara mengatasi masalah tersebut sebelum bocornya semakin bertambah. 

Lem Pipa PVC Rucika
   

Sebelum anda memulai proses perbaikan untuk pipa PVC yang bocor, langkah yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara melepas pipa PVC yang bocor tersebut. Bagaimanakah caranya/ simak penjelasannya berikut ini. Biasanya bagian bocor terletak di bagian sambungan, untuk itu jika ingin melepas pipa PVC yang bocor anda bisa coba melepas sambungannya terlebih dulu. tentu saja melepas sambungan bukanlah hal yang mudah karena pada saat pemasangan tentu anda sudah memasangnya dengan erat. Untuk itu anda butuh beberapa bahan dan alat berikut ini. bahan yang pertama yaitu air panas, lalu minyak kayu putih, oli rem, dan yang terakhir kain lap. 

Setelah bahannya anda sudah ketahui, sekarang anda harus mengetahui langkah-langkah pelepasan sambungan pipanya. Langkah pertama dalam merebus air hingga benar-benar mendidih, setelah itu gunakan minyak kayu putih tadi untuk dioleskan di bagian pipa pvc. Pastikan minyak kayu putih dapat merata agar sambungan tersebut mudah dilepaskan. Jika dengan minyak kayu putih tadi masih tidak lepas, maka anda bisa gunakan cara lainnya yaitu dengan menggunakan oli rem tadi. Jika sambungan sudah berhasil dilepas, maka langkah selanjutnya tentu saja mengatasi kebocoran tersebut dengan beberapa langkah di bawah ini. Jika telah diketahui mana bagian yang bocor, maka anda hanya perlu membeli lem pipapvc dan mengaplikasikannya pada bagian pipa yang bocor tadi. 

Sayangnya ada banyak merek lem yang bisa anda temukan untuk mengelem pipa pvc anda. Untuk mendapatkan lem yang paling bagus, berikut ini ada beberapa kriteria lem yang bisa anda gunakan sebagai referensi saat akan membeli lem pipa pvc yang sesuai. Kriteria pertama dan yang terpenting dalam memilih lem adalah pastikan lemnya tahan lama, karena anda tidak mau bukan, jika belum lama diperbaiki pipa anda sudah bocor lagi. Kriteria yang kedua adalah merekat sempurna. Lem pipa pvc yang merekat sempurna sudah pasti dapat mengatasi masalah kebocoran yang anda alami. Jika anda bingung memilih lem manakah yang merekat sempurna, maka anda bisa coba cari informasi terlebih dahulu mengenai produk lem pipa yang memiliki kualitas bagus. 

            Lem pipa yang berkualitas bagus merekat dengan sempurna dan tahan lama sehingga anda tidak perlu berkali-kali menambal bagian pipa yang sama. Kriteria lainnya yang perlu anda perhatikan adalah masalah keefisienan dari lem yang anda beli. Lem yang anda pakai sebaiknya dapat merekat sempurna tanpa harus digunakan berkali kali karena penggunaan lem yang banyak tidak selalu memberikan jaminan bahwa hasilnya bagus. Itu dia cara melepaskan sekaligus menambal kebocoran dengan lem pipa.

Related Posts

Cara Melepas Pipa PVC yang Bocor tanpa Merusak Pipa
4/ 5
Oleh