Rabu, 03 Agustus 2022

Tips Nabung Beli Mobil Secara Cash, Tapi Keuangan Tetap Oke

 

Daftar Mobil Baru Seva


Untuk sebagian orang, membeli mobil dengan bayar cash bukanlah hal yang mudah dilakukan. Mayoritas orang akan memilih untuk menabung terlebih dahulu baru bisa membeli mobil impiannya. Namun sebelumnya jangan lupa mengecek daftar mobil baru untuk memastikan biaya pembelian. 


Dengan mengetahui biaya yang diperlukan untuk membeli mobil impian, maka Anda akan jauh lebih mudah untuk memperkirakan uang yang sekiranya akan disisihkan. Sebelumnya, ketahui lebih dulu tips beli mobil baru secara cash tanpa menganggu pengelolaan uang tiap bulannya. 


Tips Nabung Buat Beli Mobil Secara Cash

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, maka sebaiknya Anda pertimbangkan lebih dulu mobil itu termasuk sebuah keinginan atau kebutuhan. Mengapa demikian? Karena walaupun mobil tergolong aset  berharga, namun nilai kendaraan tersebut akan terus mengalami depresiasi kedepannya. 


•    Menyisihkan 50% Dari Gaji Tiap Bulannya
Langkah pertama untuk bisa beli mobil secara cash yaitu menyisihkan gaji sebesar 50% tiap bulannya dalam bentuk cash. Misalnya Anda bisa mencoba menyimpan uang sebesar Rp10 juta untuk keperluan ditabung membeli mobil impian.

Mungkin bagi orang yang berpenghasilan Rp20 juta ke atas melakukan hal ini sangatlah mudah. Bagi yang belum bisa menyisihkan uang dalam jumlah banyak, mungkin bisa mencari alternatif lain seperti ikut investasi, mencari pekerjaan tambahan, atau sering ikut event berhadiah.


•    Menyisihkan Gaji Sebesar Rp3 Juta Tiap Bulannya

Jika langkah pertama tidak bisa dipenuhi, maka Anda bisa mencoba membagi uang sebesar Rp 3 juta untuk tabungan beli mobil tiap bulannya. Menabung dengan nominal Rp 3 juta per bulannya bisa mewujudkan mimpi untuk membeli mobil, asalkan dilakukan secara konsisten.

Selain harus sabar dalam menyisihkan uang sebesar Rp 3 juta per bulannya, Anda juga tidak disarankan untuk mengambil KPR atau kredit apapun terlebih dahulu. Usahakan nominal Rp 3 juta termasuk uang yang disisihkan sebesar 30% dari gaji bulanan. 


•    Menyisihkan Gaji Sebesar Rp 1 juta Tiap Bulannya

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menabung membeli mobil secara cash yaitu menyisihkan uang sebesar Rp 1 juta tiap bulannya. Dengan rutin menabung sebesar Rp 1 juta per bulan, maka Anda membutuhkan waktu sekitar 10 tahun untuk bisa membeli mobil secara cash.

Misalnya saat ini Anda berusia 26 tahun, maka bisa membeli mobil secara cash pada usia 36 tahun dengan tabungan Rp 1 juta per bulannya. Namun untuk menerapkan metode menyisihkan gaji Rp 1 juta per bulan dibutuhkan keterampilan menghitung inflasinya. 


•    Menjual Aset Dengan Nilai yang Cukup Besar
Untuk membeli mobil impian juga bisa dilakukan dengan menjual aset berharga seperti rumah, tanah, atau warisan lainnya yang nilainya lumayan. Hindari untuk menjual rumah yang sedang ditempati, lebih baiknya Anda menjual aset yang sudah lama tidak digunakan.

Sebelum memutuskan untuk menjual aset, jangan lupa untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang harga jual aset dengan memanfaatkan informasi NJOP. Ketika ada aset yang nilai jualnya belum tembus Rp100 jutaan, maka sebaiknya Anda sabar menunggu sampai harga naik. 


Percayakan masalah pembelian mobil baru bersama dengan SEVA. Perlu Anda ketahui, platform pembelian mobil secara online tersebut dijalankan dengan fitur instant approval. Fitur tersebut akan memudahkan setiap konsumen bisa membeli mobil sesuai dengan kekuatan finansialnya.

Jadi bagi Anda yang merasa masih memiliki penghasilan rendah dan tidak memiliki banyak aset, bisa menggunakan platform tersebut untuk mendapatkan mobil impian. Kapan lagi bisa beli mobil baru secara cash dengan kualitas terbaik, namun tidak menganggu pengelolaan keuangan tiap bulannya?

Related Posts

Tips Nabung Beli Mobil Secara Cash, Tapi Keuangan Tetap Oke
4/ 5
Oleh