Jumat, 24 Maret 2017

Ini Alasan Apartemen Second Perlu Dipertimbangkan

Apartemen Second Bandung

Saat ini tidak sedikit apartemen second yang dijual oleh para pemiliknya. Sebagian besar dari mereka menjual unit apartemen di Bandung karena sudah memiliki tempat tinggal yang lebih luas. Namun sayangnya apartemen second yang dijual atau disewakan kembali terkadang sulit untuk mencari pemilik baru karena kondisinya yang sudah terpakai. Padahal sebenarnya ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika memutuskan untuk beli apartemen second. 

Berikut beberapa diantaranya :

Beli apartemen yang masih dibangun oleh pengembang atau pengelola seperti beli kucing dalam karung yang tidak diketahui bagaimana wujudnya. Hal ini akan berbeda bila kamu membeli apartemen second, kamu bisa secara langsung melihat kondisi dan keadaan gedung dan unit apartemen di Bandung yang akan kamu beli. Dengan begitu kamu tidak perlu lagi was – was dan khawatir akan lokasi apartemen yang sulit dijangkau atau kekhawatiran bangunan apartemen tidak jadi dibangun oleh pengembang.

Kamu bisa secara langsung melakukan pemeriksaan terehadap kualitas dan spesifikasi  gedung atau apartemen. Material yang digunakan saat membangun akan terlihat secara langsung pada bangunan apartemen yang sudah jadi. Kamu tidak perlu lagi membayangkan spesifikasi yang terdapat dalam brosur apartemen yang belum dibangun.

Kamu bisa langsung menempati apartemen yang akan kamu tinggali, surat – surat dan sertifikat pun lebih jelas ketimbang membeli apartemen yang belum dibangun.

Meskipun memiliki keuntungan yang cukup banyak, namun kamu tetap harus melakukan pengecekan pada setiap unit apartemen second yang kamu jadikan pilihan. Seperti kelayakan bangunan, fasilitas apartemen, lokasi apartemen atau bangunan, hingga legalitas dari bangunan dan unit apartemen. 

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen second.

Beberapa unit apartemen di Bandung memiliki izin HGB yang memiliki jangka waktu tertentu mulai dari 20 tahun hingga 30 tahun. Pastikan unit apartemen yang akan kamu beli memiliki masa penggunaan yang sudah hampir habis. Agar kamu tidak mengalami kerugian akibat harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperpanjang kepemilikan.

Periksa kondisi fisik bangunan apartemen, mulai dari keretakan dinding, cat yang mulai terkelupas, kelembapan, kebocoran, saluran air, listrik, dan cacat atau kerusakan lainnya. Pastikan kondisi apartemen yang akan kamu beli layak untuk dihuni dan akan menguntungkan ketika kamu akan menjualnya kembali.

Amati fasilitas umum di sekitar apartemen. Pilih apartemen yang memiliki fasilitas umum yang kamu butuhkan dan perlukan untuk menunjang kegiatanmu sehari – hari seperti misalnya supermarket atau pusat perbelanjaan, mesin ATM, taman bermain, pusat olahraga, sarana kesehatan hingga tempat beribadah. Usahakan sebisa mungkin untuk memilih apartemen yang berada di lokasi yang sudah berkembang untuk meningkatkan nilai dan kenyamanan.

Pastikan legalitas unit apartemen. Periksa kelengkapan surat – surat dan sertifikat kepemilikan apartemen second yang akan kamu beli khususnya seperti sertifikat induk atau HGB, surat izin mendirikan bangunan atau IMB serta surat izin penunjukan dan penggunaan tanah atau SIPPT.

Membandingkan harga apartemen di Bandung. Pertimbangkan untuk membandingkan harga apartemen second yang ada di kawasan sekitar. Pastikan membandingkan unit apartemen yang memiliki tipe mirip atau hampir sama dari sisi luas dan jumlah kamar.

Proses pembayaran. Pastikan untuk mencari tau cara paling mudah untuk membayar biaya apartemen second yang akan kamu beli, khususnya jika kamu memilih program cicilan ke bank atau kreditur yang ditunjuk. Kamu bahkan bisa meminta bank atau kreditur tersebut untuk melakukan penilaian properti secara menyeluruh untuk membantu proses penawaran harga apartemen yang tepat.

Pertimbangkan biaya – biaya lainnya. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan biaya – biaya tambahan yang harus kamu tunaikan seperti biaya renovasi ( bila diperlukan) , biaya transportasi dari tempat kuliah atau kerja ke apartemen, hingga biaya tambahan untuk layanan kamar atau keamanan apartemen.

Sebelum melanjutkan ke proses transaksi. Pastikan untuk melakukan kesepakatan dengan pemilik apartemen yang lama mengenai biaya – biaya terkait notaris hingga pembayaran pajak penjual dan pajak pembeli. Umumnya biaya ini akan dibagi dua dengan pemilik.

Bila kamu beli apartemen di Bandung melalui agen properti, usahakan untuk tidak menggunakan jasa notaris PPAT yang ditunjuk oleh agen, karena umumnya akan memiliki biaya yang lebih mahal lagi, minta agar kamu dapat menunjuk sendiri notaris PPAT.

Demikian ulasan mengenai hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli apartemen second dan pertimbangan – pertimbangan khusus untuk membeli apartemen second. Semoga ulasan dan informasi diatas dapat bermanfaat dan diterapkan dengan baik. 

Related Posts

Ini Alasan Apartemen Second Perlu Dipertimbangkan
4/ 5
Oleh