Jumat, 26 Maret 2021

Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Pandangan Psikologi Dan Islam

MImpi Gigi Copot


Kemungkinannya Anda sering bermimpi gigi copot, lalu bertanya apakah mimpi itu benar sebuah pertanda buruk? Seperti apakah tafsir mimpi gigi copot itu menurut pandangan psikologi dan Islam?
Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah sebatas bunga tidur yang tidak ada kaitannya dengan kehidupan nyata. Namun, percaya atau tidak, bagi sebagian orang justru mimpi dianggap sebagai pertanda baik dari Sang Kuasa ataupun dari alam semesta. 


Contohnya, banyak orang percaya jika bermimpi gigi copot sangat berkaitan dengan berita kehilangan. Jika ditelusuri, berbagai tafsir mimpi copot gigi itu ternyata menjelaskan dengan arti yang cukup seragam. Meski begitu, terdapat beberapa perspektif juga memiliki pandangan yang berbeda tentang tafsir mimpi gigi copot itu. 


Berikut dibawah ini arti mimpi gigi copot dari berbagai perspektif, yaitu :


1.    Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Psikologi
Beberapa tafsir mimpi gigi copot menurut kacamata psikologi :


•    Bermimpi Gigi Copot Kerap Dihubungkan Dengan Kematian
Dalam tafsir tradisional, bermimpi gigi copot kerap dihubungkan dengan kematian. Umumnya, berkaitan dengan kematian dari salah satu anggota keluarga terdekat. Sebenarnya, menurut psikolog arti bermimpi copot gigi justru berkaitan dengan pandangan terhadap diri sendiri. 


Misalnya, gigi yang copot bisa mencerminkan kecemasan yang dirasakan yang timbul dari opini orang lain terhadapmu. Mimpi gigi copot juga bisa dikaitkan dengan kondisi mental kamu yang sedang mengalami krisis kepercayaan diri. 


•    Akibat Kehilangan Kendali Atas Masalah Yang Dihadapi
Mimpi gigi copot  dalam psikologis juga erat kaitannya dengan perasaan tidak berdaya. Perasaan itu bisa timbul dari lingkungan sekitar ataupun dari kondisi yang sedang dihadapi.
Dengan kata lain, bisa juga diartikan bahwa kamu sedang merasa kehilangan kendali atas diri sendiri ataupun atas masalah yang terjadi. Bahkan, mimpi gigi copot juga bisa bermakna adanya sebuah kekhawatiran yang tinggi atas sebuah hal. 


2.    Arti Mimpi Gigi Copot Dalam Islam
Ternyata yang membahas fenomena mimpi gigi copot tidak hanya dalam kajian psikologi saja, namun ilmu Islam juga turut membahas hal itu. Berikut tafsir arti mimpi gigi copot menurut Islam yang sebenarnya :


•    Arti Mimpi Gigi Copot Dalam Kitab Kitab Islam
Jika melihat pada turats Islam atau ilmu yang diwariskan dari peradaban masa lampau, bisa dikajinya tafsir dari banyak mimpi. Ada juga banyak kitab yang memuat tafsir dari berbagai jenis mimpi yang dialami manusia. Termasuk juga mimpi tentang gigi copot. 


Salah satunya pendapat dari Abdul Ghani al-Nabulsi yang berbunyi :
“Gigi didalam mimpi menunjukkan ‘ujung atau batas ajal’ dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”


Keterangan ini juga dapat Anda lihat dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam atau Mausu’ah Tafsir al-Ahlam atau Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, dan Tafsir al-Ahlam. 


•    Simbolisasi Gigi Dan Maknanya Dalam Perspektif Islam
Dalam ilmu tafsir mimpi Islam, gigi merupakan simbol bagi banyak hal yang berhubungan dengan keluarga. Selain itu juga, gigi menjadi simbolisasi harta, binatang ternak, raja, kehidupan, kematian, serta pertemuan juga perpisahan. 


Posisi gigi yang berbeda bisa memiliki tafsir mimpi yang berbeda dengan maknanya yang juga berbeda. 


Namun, Anda harus ingat jika sebenarnya mimpi itu hanya sekedar bunga tidur yang umum dialami setiap orang, termasuk juga mimpi gigi copot.

Related Posts

Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Pandangan Psikologi Dan Islam
4/ 5
Oleh