Kamis, 18 April 2019

Transparansi dalam Transaksi Pengadaan Jasa Online

Semua kebutuhan perusahaan dapat diperoleh dengan pengadaan yang tepat, termasuk pengadaan jasa. Eprocurement adalah metode efektif untuk melakukan pengadaan yang transparan. Selain praktis, pengadaan online mampu memudahkan pemantauan. Kelancaran pengadaan akan terjamin dengan beberapa transparansi berikut ini. 

Pengadaan Jasa

1.    Mekanisme Pengadaan Paperless 
Sudah menjadi prinsipnya bahwa pengadaan via online menggunakan sistem paperless. Sistem ini menjadikan setiap proses pengadaan menjadi lebih praktis dan cepat tentunya. Anda dapat mengajukan pengadaan lewat platform ke salah satu pihak penyedia jasa. Setelah itu, proses verifikasi berlangsung cepat dan tepat dengan memeriksa seluruh dokumen dalam bentuk softfile. 

Sistem paperless ini sangat efisien dari segi waktu dan biaya. Keseluruhan proses dari pengajuan pengadaan sampai pembayaran dapat dilakukan secara transparan. Kecurangan dapat diminimalisir karena semua data berbentuk softfile dikirim oleh klien. Sistem pengadaan sudah memproses pengajuan data tersebut secara otomatis. Karenanya, proses ini sangat terjamin. 

2.    Pengadaan Jasa Sedia Pemantauan Status Pengadaan 
Akses pihak perusahaan dengan vendor sebagai penyedia jasa dapat berjalan lancar dengan sistem pemantauan. Transaksi pengadaan via online ini menyediakan sistem pemantauan lewat fitur status pengadaan. Anda dapat melihat status pengadaan lewat akun di platform. Hal ini akan memberikan informasi sampai tahap manakah proses pengadaan dilakukan. 

Anda dapat terus memantau proses tersebut agar tidak mengalami keterlambatan. Jika prosesnya terbilang lebih lama, Anda bisa melakukan konfirmasi ke pihak penyedia jasa via telepon. Konfirmasi tersebut membantu mengetahui alasan mengapa prosesnya lebih lama, termasuk jika terjadi persoalan dalam proses pengadaan. Anda bisa mengetahuinya lebih dini. 

3.    Tersedia Sistem Tracking Pengiriman
 Pengadaan jasa yang efektif sangat baik untuk menjamin kegiatan operasional perusahaan. Selain pemantauan dalam setiap proses pengadaan, eprocurement menyediakan akses tracking pengiriman yang penting untuk mengetahui kelancaran operasional pengiriman jasa ke perusahaan. Sistem ini adalah salah satu bentuk transparansi dalam pemrosesan pengadaan.

Melalui tracking pengiriman, Anda akan mendapatkan informasi tepat mengenai respon pihak penyedia kepada permohonan pengadaan. Tentu saja kebutuhan jasa akan terpenuhi dengan baik karena pihak penyedia menyadari follow up yang baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

4.    Tersedia Konsultasi Online 
Konsultasi online juga sangat dibutuhkan untuk mendapatkan ketepatan pengadaan jasa sesuai kebutuhan. Spesifikasi jasa yang disediakan oleh para pihak penyedia dapat dinilai dengan baik melalui layanan konsultasi. Langkah ini sangat mudah bagi Anda dalam menemukan jasa yang paling sesuai. Konsultasi via online bisa dipilih agar fleksibel bisa di mana saja dan kapan saja. 

Proses konsultasi ini harus dioptimalkan demi pengayaan informasi. Anda mampu memilih jasa lebih tepat karenanya. Jika sudah berlangsung persetujuan pengadaan, maka layanan konsultasi bisa dilakukan lagi apabila menemui persoalan dalam proses pengadaan. 

5.    Bukti Transaksi dalam Bentuk Softfile 
Bukti transaksi adalah hal yang sangat penting sebagai bukti alokasi dana. Bukti ini juga dibutuhkan dalam pertanggungjawaban keuangan melalui penyusunan laporan keuangan. Dengan bukti transaksi yang langsung ada dalam bentuk softfile, kemungkinan kehilangan bukti transaksi dapat diminimalisir. Anda mampu mendapatkan beragam dalam bentuk keamanan transaksi. 

Jaminan berupa bukti tersebut tentu menjadi bentuk perlindungan konsumen yang melakukan pengadaan. Jadi, eprocurement dalam bidang jasa semakin diminati. Anda lebih mudah mendapatkan jasa yang tepat, berkualitas, dan tentunya terjamin keamanan transaksinya. 

Melihat berbagai transparansi tersebut, alangkah baiknya Anda bermitra dengan pihak vendor yang sudah berpengalaman. Pastikan bahwa pengadaan jasa mempunyai spesifikasi yang sesuai. Eprocurement yang terjamin dapat diperoleh dari https://www.mbizmarket.co.id/ yang sudah berpengalaman sebagai platform pengadaan. Ketepatan proses pengadaan, termasuk transparansi juga terjamin.

Related Posts

Transparansi dalam Transaksi Pengadaan Jasa Online
4/ 5
Oleh