Kamis, 11 April 2019

Catat, Begini Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil

Cuaca di Indonesia semakin hari semakin tak menentu, dalam sehari cuaca bisa berubah drastis, kadang bisa panas terik sesaat kemudian berubah jadi mendung bahkan hujan lebat. Efek alam yang labil ini dipastikan akan berdampak pada seluruh isi dunia ini, bukan hanya pada makhluk hidup tapi juga pada benda mati, Mobil menjadi salah satu yang mendapat dafpak negatifnya, salah satu dampaknya adalah timbulnya jamur pada kaca mobil.  
Mobil


Faktor penyebab jamur pada kaca mobil adalah debu yang bercampur dengan air karena tidak kita lap atau bersihkan jika ada tetesan air di kaca mobil kita. Misalnya ketika mobil terkena hujan sewaktu diperjalanan dan kemudian diparkir di pinggir jalan yang langsung terkena sinar matahari, kemudian bercampur dengan debu yang ada di jalanan. Campuran tersebut yang menjadi penyebab terjadinya jamur pada kaca mobil. Biasanya jamur banyak terdapat pada bagian bawah kaca.

Perlu diketahui, kaca mobil yang bersih mempunyai banyak manfaat mulai dari, Pandangan lebih jelas, terlebih pada saat malam hari untuk menghilangkan efek bias cahaya lampu dari luar.

Nahhh, untuk membersihkan kaca mobil, berikut kami berikan tips dan caranya.

1.    Gunakan Lap Khusus
Gunakan lap khusus untuk kaca mobil, kalian bisa menggososkkan secara lembut dengan lap yang kering hingga jamur terlihat memudar. Hindari penggunaan benda tajam atau yang bersifat mengikis lapisan pelindung kaca mobil.

2.    Pasta Gigi Juga Berguna
Pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihan kaca mobil, selain murah pasta gigi juga mudah didapat.

Caranya letakkan mobil di area teduh. Bersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran terlebih dulu, kemudian keringkan. Oleskan sedikit pasta gigi di area kaca yang berjamur. Gosok lembut bagian tersebut menggunakan lap kaca kering dengan gerakan memutar. Gunakan pasta gigi sedikit demi sedikit di area yang akan dibersihkan dan segera bilas dengan air, jangan biarkan pasta gigi mengering karena dibiarkan terlalu lama di kaca.
Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan jamur kaca mobil yang masih tipis atau baru muncul, tapi kurang efektif untuk menghilangkan lapisan jamur yang sudah tebal.

3.    Air Soda
Jamur bisa bereaksi dengan air soda karena air soda memiliki unsur yang dapat meluluhkan jamur yang menempel pada kaca. Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan air soda sangat gampang, caranya hanya dengan tuangkan sedikit air soda ke lap kering untuk menyeka area kaca yang berjamur secara lembut. Lakukan terus hingga jamur terlihat berkurang atau hilang sama sekali, kemudian lap kaca dengan lap kering bersih.

4.    Tembakau
Air tembakau ternayata juga bisa digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil, caranya cukup rendam segenggam daun tembakau di air biarkan selama 10-15 menit. Usapkan lap yang sudah dicelupkan ke air tembakau untuk membersihkan area kaca yang berjamur. Lakukan hingga jamur pada kaca hilang sama sekali.

Apabila jamur pada kaca mobil anda sudah sangat banyak, tidak ada salahnya membawa mobil kesayangan anda kesalon untuk mendapatkan perawatan jamur dengan kimia khusus, yang paling penting diperhatikan adalah mencegah jamur berkembang, karena kaca mobil yang berjamur bisa membuat pandangan pengemudi kurang jelas, ini bisa berakibat fatal di jalan.

Nah itulah tips dan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil. semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Salam !

Related Posts

Catat, Begini Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaca Mobil
4/ 5
Oleh