Rabu, 28 Juli 2021

Cara Aman Membeli Mobil Bekas

 

Great Corolla


Dalam urusan jual beli mobil, tentu harga dari mobil bekas jauh lebih murah daripada mobil baru. Walaupun begitu, Anda perlu cara yang benar ketika ingin membeli mobil bekas supaya mendapatkan kendaraan sesuai dengan uang yang Anda keluarkan. Seperti pembelian mobil Toyota Corolla tahun jadul yakni Great Corolla.


Supaya tidak merasa tertipu dengan mobil bekas yang akan Anda beli, sebaiknya terapkan beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh mobil bekas namun tetap berkualitas berikut ini.


1.       Memastikan Kelengkapan Surat Menyurat
Langkah pertama yang wajib Anda terapkan yakni memastikan surat menyurat kendaraan tersebut dalam kondisi lengkap serta cocok antara satu dan lainnya. Seperti mengecek STNK dan BPKB kendaraan tersebut. Memastikan nomor mesin dan nomor rangka yang ada di kedua surat tersebut sama seperti yang ada pada kendaraan yang akan Anda beli. Lakukan pembatalan pembelian apabila surat kendaraan mengalami kejanggalan.


2.       Mengecek dengan Mengetes Kendaraan
Anda dapat mengatur pertemuan terhadap penjual untuk melihat langsung kondisi mobil yang menjadi pilihan. Anda harus memastikan kondisi kendaraan sesuai harapan supaya tidak membuat kecewa di masa depan. Jika tidak terlalu mengerti, bawalah teman atau orang yang jauh lebih paham dengan kondisi mobil agar meminimalisir Anda terkena tipu oleh penjual.


Lakukan pengecekan dengan test drive supa dapat merasakan sendiri kondisi kendaraan saat dikendarai. Batalkan pembelian apabila mobil tersebut tidak boleh dicoba.


3.       Memeriksa Riwayat Perawatan Mobil
Sebuah mobil idealnya mempunyai riwayat perawatan. Lewat catatn tersebut Anda dapat mengukur apakah kendaraan tersebut mendapat perawatan berkala dari si pemilik sebelumnya, misalnya kapan terakhir kali diganti oli dan lain sebagainya. Bermodal riwayat perawatan mobil ini Anda dapat mengetahui keaslian dari jarak tempuh kendaraan tersebut.
Sebuah keuntungan jika pemilik mobil sebelumnya melakukan perawatan rutin serta melakukan perbaikan kendaraan di bengkel resmi dari Toyota. Oleh karena itu, kondisi dari kendaraan tersebut akan selalu terjaga serta Anda dapat memeriksa secara langsung dengan datang ke bengkel resmi Toyota dan melihat riwayat perawatannya.


4.       Mengecek Potensi Kebanjiran
Langkah satu ini perlu dilakukan apabila membeli kendaraan yang biasa digunakan di kawasan rawan banjir. Nyatanya, kendaraan yang pernah mengalami kebanjiran berpotensi memiliki masalah teknis. Seperti bodi yang mulai berkarat sampai kelistrikan, dan mesin mobil yang terkena water hammer. Terdapat beberapa cara jika ingin melakukan pengecekan, seperti melihat apakah terdapat sisa lumpur yang tersangkut di baut lantai mobil atau pengikat jok, atau melihat perbedaan warna yang melapisi pintu kendaraan bagian depan.


5.       Memeriksa Aksesoris Mobil
Tidak kalah penting, upaya yang harus Anda perhatikan saat akan membeli sebuah mobil bekas seperti Toyota Great Corolla adalah dengan memeriksa komponen dan aksesoris yang tersedia di dalam mobil, seperti head unit atau komponen dasar dari mobil tersebut.


Anda pasti akan sangat senang dan puas jika mendapatkan kendaraan dengan aksesoris semuanya dalam kondisi yang asli dan baik. Selain itu Anda juga perlu mengecek pemasangan aksesoris agar tidak mengalami masalah ketika sudah ditangan Anda, seperti soket dan kebal ruska yang dapat menimbulkan kebakaran.


Nah, itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas seperti Toyota Corolla yang sampai saat ini masih banyak peminatnya.


Deskripsi : Toyota Corolla sampai sekarang masih memiliki peminat setia, apalagi untuk jenis mobil Corolla tahun jadul, maka dari itu perlu beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas agar tidak merasa tertipu.

Related Posts

Cara Aman Membeli Mobil Bekas
4/ 5
Oleh