Selasa, 17 September 2019

Tips Belanja Nyaman Secara Online

Pinjaman Uang Online

Belanja online sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu keluar rumah, barang bisa diantar dengan mudah. Apalagi dengan berbagai tawaran pinjaman uang online, membuat kebutuhan makin mudah terpenuhi.

Agar belanja online tetap aman dan nyaman ada beberapa tips yang perlu disimak. Pasalnya modus kejahatan dan penipuan semakin canggih. Agar tidak menjadi korban, berikut ini adalah beberapa tips belanja secara online dengan aman.

1. Gunakan Akses Internet dari Mobile Data
Hindari menggunakan akses internet dari wifi publik di kafe atau di tempat umum lainnya. Bisa saja data-data kamu diakses dan diretas melalui koneksi wifi publik dengan sangat mudah.

Cara paling aman untuk melakukan transaksi maupun belanja secara online adalah dengan menggunakan koneksi mobile data sendiri. Dengan begitu potensi pencurian data menjadi semakin kecil. Usahakan untuk tidak melakukan transaksi jual beli saat terkoneksi melalui jaringan internet umum. 

2. Jangan Menyimpan Data Kartu Kredit di Aplikasi
Beberapa aplikasi belanja memang sangat memudahkan pengguna. Apalagi tersedia fitur penyimpanan data kartu kredit. Fungsinya agar saat melakukan pembelanjaan ulang, tidak perlu memasukkan data dan verifikasi kembali.

Tetapi, di balik itu semua ada risiko yang harus ditanggung. Tidak semua aplikasi belanja memberikan jaminan keamanan. Kadang kala bisa saja terjadi kelemahan dalam sistem keamanan.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, baiknya menghapus semua data-data kartu kredit dari aplikasi apapun. Gunakan hanya sekali transaksi kemudian hapus. Meski harus berulang kali mengisi data kartu kredit, tetapi cara ini lebih aman daripada data-data kartu kredit selalu tersimpan. 

3. Jangan Memberikan Kode OTP Pada Orang Lain
Saat melakukan transaksi pembelian maupun transaksi online, kini dilengkapi dengan sistem verifikasi one time password (OTP) berupa pengiriman kode keamanan lewat pesan singkat. Kode ini merupakan kode rahasia yang wajib dijaga.

Kode OTP tidak boleh diberikan meskipun kepada penerbit kartu kredit, bank, atau perusahaan pinjaman uang online sekalipun. Kode OTP layaknya seperti password atau PIN yang hanya boleh diketahui oleh pemiliknya sendiri. 

4. Belanja dari Marketplace Ternama
Belanja online memang bisa melalui platform media sosial seperti Instagram karena dianggap lebih mudah. Namun, demi keamanan transaksi, pilih toko online yang memiliki akun di marketplace.

Fungsinya agar segala pembelian dan transaksi melalui rekening bersama sehingga lebih aman jika barang tidak dikirimkan atau ada komplain terhadap barang yang tidak sesuai dengan pesanan.

5. Pilih Pembayaran dengan Verifikasi Ganda
Untuk transaksi dengan nominal tinggi, sesuai dengan ketentuan BI, perusahaan memberikan verifikasi ganda. Misalnya seperti cara pembayaran dengan menggunakan aplikasi pinjaman uang online Kredivo.

Setelah memilih barang dan masuk ke halaman pembayaran di salah satu marketplace, kamu harus memasukkan PIN dan kode OTP sebagai bukti verifikasi ganda. Dengan begitu, transaksi apapun menjadi lebih aman.

Jika tiba-tiba ada kode OTP masuk saat tidak melakukan transaksi, kamu bisa langsung meminta pemblokiran terhadap penerbit kartu kredit ataupun fintech yang memberikan kredit tanpa kartu kredit.

Ngomong-ngomong soal Kredivo, tidak hanya memberikan fasilitas belanja online saja lho. Kredit limit yang diberikan Kredivo sebesar Rp30 juta, dapat dimanfaatkan juga untuk pinjaman uang dengan proses pengajuan secara online.

Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan Kredivo, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Masing-masing memiliki tenor dan plafonnya sendiri. Sedangkan bunganya sama-sama 2.95% saja per bulan. Untuk mengetahui perbedaannya, simak tabel di bawah ini.
Deskripsi
Pinjaman Mini
Pinjaman Jumbo
Jumlah Pinjaman 
Rp500 ribu - Rp1 Juta
Mulai dari Rp1 juta
Bunga
2.95% per bulan
2.95% per bulan
Tenor
30 hari
3 dan 6 bulan
Biaya admin di awal
6%
6%

Sebagai contoh, jika kamu meminjam Rp1 juta dari Kredivo, maka jumlah uang yang akan kamu terima adalah Rp940 ribu. Sedangkan bunga pinjaman yang harus dikembalikan dengan tenor 30 hari beserta pokok pinjamannya sebesar Rp1.034.790. Cukup terjangkau bukan?

Ajukan pinjaman lewat kredivo secara instan lewat aplikasinya yang dapat didownload melalui Google Play Store maupun App Store dengan mudah.

Related Posts

Tips Belanja Nyaman Secara Online
4/ 5
Oleh