Kamis, 12 September 2019

4 Obat Resep Dokter Untuk Melancarkan Haid

cara melancarkan haid

Tidak semua wanita mengalami haid dengan siklus yang selalu teratur. Sebab sebagian dari anda pernah mengalami telat haid karena alasan tertentu. Tidak perlu dikhawatirkan, tetapi sebaiknya anda mulai memperbaiki siklus tersebut dari sekarang.

Taukah anda, jika membiasakan hidup lebih sehat menjadi solusi dari masalah ini. Memang tidak salah, tetapi mungkin anda mencari jalan lain untuk mengatasinya. Seperti halnya penggunaan obat resep dokter sebagai cara melancarkan haid.

Pilihan Obat Resep Dokter untuk Melancarkan Haid

Obat untuk melancarkan haid pada dasarnya adalah obat penyubur kandungan. Sebab obat tersebut membantu tubuh untuk memproduksi hormone yang mengatur pelepasan sel telur, dan juga menyeimbangkan kadar hormone dalam tubuh yang mana biasanya menghambat ovulasi.

Berikut ini ada beberapa obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk melancarkan haid, antara lain:

1)    Progestin
Progestin merupakan hormon buatan yang memiliki fungsi yang sama dengan progesteron. Dengan obat ini, kadar estrogen bisa diseimbangkan.

2)    Metformin
Metformin merupakan obat yang berguna untuk menyeimbangkan hormon androgen dan estrogen pada wanita, khususnya pengidap PCOS. PCOS sendiri adalah salah satu faktor penyebab haid tidak lancar karena kondisi kadar hormon androgen terlalu tinggi sehingga menghancurkan hormon lainnya. Sehingga obat ini bisa mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh agar seimbang, agar tubuh mulai berovulasi secara teratur dan haid lancar.

3)    Serophene
Obat serophene biasa diberikan pada wanita yang ovulasinya tidak teratur. Obat ini juga dikenal sebagai penghambat estrogen, agar ketiga hormone yang berfungsi merangsang ovarium menghasilkan banyak sel telur. Jadi dalam 7 haris setelah dosis terakhir, anda akan berovulasi.

4)    Pil KB
Tidak hanya untuk mencegah kehamilan, obat ini bisa digunakan untuk melancarkan haid. Butuh waktu 6 bulan mengkonsumsi pil KB secara teratur agar siklus haid kembali normal. Hal ini bisa terjadi karena Pil KB bekerja untuk meningkatkan produksi protein globulin yang mengikat hormon androgen utama, yaitu testosterone dalam darah.

Apapun obatnya, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter. Hal ini untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, seperti penebalan dinding rahim. Gunakan juga pembalut yang aman dan nyaman seperti Laurier, agar aktivitas anda tidak terganggu.

Related Posts

4 Obat Resep Dokter Untuk Melancarkan Haid
4/ 5
Oleh