Jumat, 01 Februari 2019

6 Cara Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini


Usia dini adalah masa emas bagi perkembangan anak. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan perkembangan yang maksimal, baiknya Anda membantu untuk tumbuh kembang anak tersebut sejak usia dini. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya. Beberapa di antaranya adalah di bawah ini! 


Tumbuh Kembang Anak

1. Banyaklah Berperan di Dunianya
Di masa keemasan pertumbuhan si kecil, ada baiknya Anda banyak berperan dalam dunianya. Jangan hanya memberikannya apa yang dia butuhkan tanpa berada di sampingnya. Anda bisa jadi peserta, pengamat atau penyedia mainan dan pemberi pujian untuk kinerja baik yang ditunjukkan si anak. Meski sepele, ini baik untuk tumbuh kembangnya.

2. Perhatikan Perkembangannya
Tentu saja, hal lain yang harus Anda lakukan agar tumbuh kembang si kecil maksimal adalah memperhatikan laju perkembangannya. Setiap saat sel otak mereka akan terus bertambah banyak. Mereka akan berjalan, memanjat, menyentuh, merasakan, memanipulasi, melempar dan melakukan banyak hal lain bersama benda-benda di sekelilingnya.

Anda bisa melihat apakah perkembangan mereka baik atau tidak dengan memperhatikan kebiasaan di atas. Bila si kecil cenderung diam dan pasif, maka Anda wajib waspada. Bisa jadi perkembangannya memiliki masalah.

3. Beri Tantangan
Agar anak bisa berkembang, baiknya Anda memberikan tantangan pada si kecil. Ajak mereka berusaha keras untuk melakukan suatu hal, semisal berjalan jauh, mencoba perosotan dan lain sebagainya. Kegiatan ini akan menantang mereka dan memberi mereka semangat dan memperkuat percaya dirinya. Di masa depan, mereka bisa jadi orang yang lebih berani.

4. Pantau Tumbuh Kembangnya Tanpa Kekerasan
Paling penting ketika memantau tumbuh kembang anak, tak ada kekerasan yang dilakukan di dalamnya. Baik itu yang disengaja ataupun yang tidak. Anda tidak perlu emosi dengan apa yang dilakukan si kecil di masa ini. Sebab, itu adalah hal yang lumrah. Anda bisa menegur mereka atas kesalahan yang dilakukan.

Namun, ketika menegur itu Anda tidak menggunakan kekerasan. Beritahu mereka kenapa hal itu salah. Berikan alasan yang jelas agar mereka mengerti dan tak mengulangi kejadian yang sama. Ingat, tugas Anda adalah mengarahkannya jadi lebih baik. Bukan memarahi apalagi memukulnya bila salah.

5. Perhatikan Asupan Nutrisi yang Baik
Tentu saja, memberikan asupan gizi yang tepat juga diperlukan untuk tumbuh kembang si kecil yang maksimal. Anda bisa memberikan nutrisi yang dibutuhkan ini sejak si kecil masih dalam kandungan. Makin lengkap nutrisi yang Anda berikan, maka akan makin banyak juga jumlah sel otak anak yang bertumbuh.

Jika percabangan sel otak ini bagus, maka fungsi otak anak juga akan lebih maksimal. Di samping protein, beberapa nutrisi baik yang dibutuhkan si kecil untuk perkembangannya adalah asam amino, vitamin B, kalsium, zat besi, AA dan DHA.

6. Kasih Sayang
Tentu saja, kalau Anda ingin memiliki anak yang tumbuh kembangnya maksimal dan bagus pula sikapnya, Anda harus memberinya kasih sayang yang cukup. Jalinlah kasih sayang, kemesraan dan keselarasan dengan si kecil sejak kecil. Hal ini akan bermanfaat untuk pertumbuhan emosi, fisik, hingga mental anak Anda.

Nah, ada banyak cara kan yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak? Dengan cara-cara di atas, si kecil bisa tumbuh lebih baik ke depannya. Jangan lupa, beri mereka asupan yang diperlukan yang berasal dari bahan makanan terbaik. Salah satunya Blueband yang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh si kecil untuk perkembangannya.

Related Posts

6 Cara Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak Sejak Usia Dini
4/ 5
Oleh