Sabtu, 09 Oktober 2021

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata, Simak!

 

Menjaga Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting bagi kita, dengan mata kita dapat melihat indahnya dunia, melihat seni, dan sebagainya. Tetapi kita sering lupa untuk menjaga kesehatan mata sehigga sering sekali kita mendapati mata kita telah mengalami kerusakan. Mengingat bahwa saat ini kebiasaan telah berubah seperti menatap layar ponsel berlebihan, tentu hal itu dapat merusak mata kita.


Maka dari itu kali ini kami akan memberikan informasi yang sangat penting terkait tips dan cara menjaga kesehatan mata. Penasaran seperti apa ulasannya? Simak sebagai berikut.


1.Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin
Bagi kamu yang malas untuk memaka buah dan sayuran mulai sekarang biasakan untuk menyukainya sebab jika kamu tidak pernah memakan buah dan sayuran maka hal itu akan mengganggu kesehatan mata. Salah satu sayuran yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata yaitu wortel sebab wortel memiliki kandungan beta karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata kita. Beta karoten sendiri adalah antioksidan yang mampu meminimalisir degenerasi macula.


2.Hindari menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal ini mungkin sering dilakukan oleh kaum hawa dimana mereka kerap menggunakan lensa kontak dalam waktu yang berlebihan seperti lebih dari 19 jam. Hal itu tentunya dapat mempengaruhi kesehatan mata bahkan dapat membuat mata kita menjadi rusak secara permanen. Maka dari itu mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut ya gengs. Jangan lupa juga untuk tidak menggunakan kacamata terlalu lama, sebab hal itu juga sama buruknya dengan menggunakan lensa kontak terlalu lama.


3.Mengurangi penggunaan tetes mata
Menggunakan obat tetes mata memang boleh-boleh saja, tetapi perlu diingat bahwa jangan menggunakan obat tetes mata secara berlebihan sebab hal itu dapat merusak mata. Gunakan obat tetes mata sesekali saja jika tidak ingin mata kita menjadi rusak sebab hal yang berlebihan pasti akan menimbulkan efek yang tidak baik.


4.Menggunakan mentimun
Hal ini merupakan suatu hal yang cukup simple untuk menjaga kesehatan mata yaitu menggunakan mentimun untuk mengompres mata. Kamu bisa mengiris tipis mentimun yang dingin dan letakkan pada bagian atas kelopak mata selama kurang lebih 10 menit. Lakukan hal ini sebelum tidur di malam hari agar mata kita tidak bengkak.


5. Menggunakan kacamata pelindung UV

Kita sering tidak sadar bahwa kegiatan kita diluar rumah bisa saja membuat kita terpapar sinar UV secara berlabihan dan hal itu dapat mengganggu kesehatan mata. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa menggunakan kacamata hitam pelindung sinar UV agar mata kita dapat tetap terjaga dan sehat.


6.Menghindari duduk terlalu lama di depan monitor
Kebiasaan ini mungkin sulit kamu hindari apalagi jika memang pekerjaanmu memakasamu untuk menatap layar monitor seharian. Tetapi paling tidak kamu bisa mengurangi waktu untuk menatap layar monitor dengan cara berdiri sejanak selama 15 menit per 1 jam agar mata kamu tidak mengalami kerusakan akibat terlalu lama menatap layar monitor.


7.Hindari membaca minim cahaya
Membaca dalam gelap atau minim cahaya adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat membuat mata kita menjadi rusak, maka dari itu ketika kamu ingin melakukan aktivitas membaca buku pastikan kamu berada di tempat yang terang agar mata kamu tidak rusak.


Nah itulah beebrapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar tips dan cara menjaga kesehatan mata. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu, terimakasih.

Related Posts

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Mata, Simak!
4/ 5
Oleh