Senin, 06 April 2020

Guys, Ini Dia 5 Peralatan Safety yang Wajib digunakan Untuk Olahraga Sepeda Gunung

Olahraga Sepeda Gunung
sumber:ameermuh.wordpress.com
Bersepeda adalah olahraga yang cukup terbilang murah, karena hanya dengan bermodalkan sepeda. Kamu sudah bisa melakukan olahraga yang satu ini. Tapi itu hanya berlaku jika kamu bersepeda di jalanan yang mulus saja, ya. Lain halnya, jika kamu bersepeda di jalan yang treknya batu - batuan atau lumpur yang licin, seperti Gunung. Maka kamu tidak hanya memerlukan sepeda, tapi juga memerlukan peralatan safety yang berfungsi untuk meminimalisir resiko jika terjadi kecelakaan. Nah, Kira - kira apa saja sih peralatan safety yang harus dikenakan pada saat olahraga sepeda gunung? Daripada penasaran, yuk langsung saja disimak.

1.    Helm Sepeda
 
Helm Sepeda
sumber:my-best.id
 Sebenarnya saat bersepeda di jalan yang mulus juga diharuskan memakai helm. Tapi, pemakaian helm ini lebih dianjurkan untuk para pesepeda yang akan menyusuri gunung. Karena resiko kecelakaannya lebih besar, dibanding bersepeda di jalan biasa. Helm yang digunakan pun tidak sembarangan, jadi harus benar - benar safety. Nah, helm yang dianjurkan untuk para pesepeda gunung, yaitu All-mountain yang dapat menutupi bagian belakang dan sisi kepala. Jadi perlindungan benturan saat terjatuh lebih baik, dibanding helm XC ringan. Jangan lupa juga untuk memakai helm yang benar - benar pas dengan ukuran kepala kamu, agar lebih nyaman saat digunakan.

2.    Kacamata Sepeda
sumber:id.carousell.com
Penggunaan kacamata pada saat bersepeda di gunung juga penting, fungsinya agar penglihatan tidak terhalang. Nah, dengan menggunakan kacamata, kamu juga jadi terlindung dari angin yang berhembus kencang, debu yang berterbangan dan juga sinar matahari yang menyilaukan. Selain itu, kacamata juga dapat melindungi kamu pada saat terjatuh dari sepeda. Tapi, kamu jangan sampai salah pilih kacamata. Jadi pilihlah kacamata yang dirancang khusus dengan bingkai tebal dan kaca anti bentur, sehingga tidak mudah rusak.

3.    Sarung Tangan

Sarung Tangan Sepeda
sumber:sportku.com
 Sarung tangan digunakan pada saat bersepeda yang berfungsi untuk melindungi tangan dari luka lecet akibat terjatuh. Selain itu, sarung tangan juga melindungi kamu dari paparan sinar matahari langsung dan juga agar tidak licin saat memegang stang dalam kondisi tangan berkeringat. Pilihlah sarung tangan yang lembut pada bagian telapak tangan, agar nyaman saat digunakan. Sarung tangan bersepeda ini memiliki dua jenis, ada yang tebal berfungsi menghangatkan. Ada juga sarung tangan yang tipis dengan fungsi menyejukkan jika dipakai. So, kamu bebas memilih sarung tangan apa saja yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

4.    Jersey dan Celana
 
Jersey Sepeda
sumber: Shopee.co.id
 
Bersepeda di Gunung, akan memerlukan waktu yang lama. Maka dari itu, kamu harus memilih dengan tepat busana yang akan kamu gunakan pada saat bersepeda. Untuk safety, sebaiknya kamu menggunakan jersey sepeda dan celana khusus \olahraga yang berbahan elastis, agar memudahkan pergerakan pada saat bersepeda. Selain elastis, pakaian yang kamu gunakan pun harus berbahan keras, agar mencegah robekan pada saat menabrak sesuatu. Walaupun bahannya keras, pakaian itu harus mampu menyerap keringat. Agar tubuh kamu tidak lembab, akibat baju yang tidak mampu menyerap keringat.

5.    Sepatu
 
Sepatu Sepeda
sumber:picuki.com
 
Sepatu berfungsi untuk melindungi lecet pada kaki akibat tergores akar dan batu. Sebaiknya kamu memilih sepatu yang bergerigi, agar cengkraman kaki di pedal sepeda menjadi lebih kuat, sehingga kayuhan menjadi lebih maksimal. Agar memiliki kontrol yang bagus, sebaiknya model sol sepatu yang kamu gunakan medium kaku. Pastikan untuk memakai sepatu yang tidak kebesaran dan kekecilan, jadi harus sesuai dengan ukuran kaki kamu.

Itu dia beberapa perlengkapan safety yang harus dikenakan pada saat melakukan olahraga sepeda gunung. Tetap selalu berhati - hati, karena olahraga yang ini terbilang ekstrim dan resikonya terlalu besar. Jadi jika kamu seorang pemula, sebaiknya didampingi oleh orang yang lebih profesional dibidang ini. Selamat berpetualang dengan menggunakan sepeda.

Related Posts

Guys, Ini Dia 5 Peralatan Safety yang Wajib digunakan Untuk Olahraga Sepeda Gunung
4/ 5
Oleh