Jumat, 06 September 2019

Langkah Mudah Memperbaiki Bemper Mobil yang Penyok dan Robek Tanpa Membawanya Ke Bengkel

bemper mobil

Karena aktivitas berkendara yang tidak hati-hati sering kali pastinya beberapa orang yang mengalami kecelakaan mobil. Ada yang intensitasnya ringan, namun tak jarang juga yang benar-benar parah hingga merenggut nyawa dari pengemudinya tersebut. Mayoritas kecelakaan yang paling sering terjadi adalah menabrak di bagian belakang atau depan mobil, itulah mengapa produsen kendaraan sengaja memasangkan bemper mobil di bagian belakang dan juga depan kendaraan tersebut sebagai salah satu alternatif dalam menunjang keamanan karena dapat mengurangi dampak kerusakan yang terjadi saat benturan.

Namun juga tidak bisa dipungkiri jika kemudian bumper tersebut sendiri yang akan mengalami masalahnya, diantaranya adalah baret, kemudian juga penyok hingga tak jarang bisa sampai retak atau patah. Biasanya hal ini bergantung pada jenis bumper tersebut. Karena ada yang dibuat dari bahan fiber atau plastik, jenis ini memang paling mudah rusak jika dibandingkan dengan bumper yang terbuat dari bahan besi.

Untuk itu jika terjadi kerusakan langkah penanganan masing-masing bember tersebut juga berbeda. Jika Anda mengalami masalah yaitu bemper mobil penyok, sebenarnya jika intensitasnya masih ringan tidak perlu membawanya ke bengkel, melainkan bisa diatasi sendiri. Berikut ini diantara tips untuk mengatasinya, yaitu :

1.    Memakai hair dryer, pengering rambut ini ternyata dapat digunakan untuk memperbaiki bumper yang penyok. Inipun hanya dapat digunakan untuk memperbaiki bumper yang terbuat dari bahan plastik, namun harus hati-hati dalam pemakaiannya, karena salah sedikit nantinya akan membuat semua bagian tersebut leleh dan mengubah tampilan bumper. Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan memanaskan area yang penyok tersebut hingga sedikit lunak, ketika sudah lunak maka bisa langsung didorong ke bentuk semula, hati-hati dengan bagian cat utama bemper, jangan sampai pemanasan membuatnya mengelupas.


2.    Air panas, selain hair dryer, maka bahan lainnya yang mudah dipakai untuk mengatasi bemper yang penyok tersebut adalah air panas, prinsipnya sendiri masih sama dnegan hair dryer yaitu dengan suhu panas dapat membuat sebagian bahan fiber tersebut melunak, sehingga nantinya dapat didorong untuk mengembalikan pada posisi semula. Siramkan ke area yang penyok tersebut, kemudian dorong secara perlahan sampai kembali ke bentuk semula.

 
Selain penyok maka masalah yang kerap kali dialami adalah kondisi bemper yang robek, apalagi jika seandainya bahan buer tersebut plastik, memang akan begitu rawan robek, namun jangan khawatir berikut ini ada beberapa alternatif mudah untuk memperbaikinya sendiri di rumah.

1.    Jahit dengan kawat, untuk mengatasi bagian yang robek nyatanya bisa dilakukan dengan menjahitnya, caranya sangatlah mudah yaitu dengan melepas bumper tersebut, kemudian lubangi bagian yang robek dan dekatkan, setelah itu baru dijahit dengan menggunakan kawat sampai benar-benar rapi.

2.    Tanam dengan lempengan plat, Anda bisa menggunakan lampengan plat yang tipis sehingga nantinya dapat dengan mudah dipanaskan, proses tanam dapat dilakukan dari bagian dalam, kemudian disambung setiap bagiannya sehingga nantinya bumper tersebut tertutup bagian yang robek. Agar tidak terlihat ditanam menggunakan plat maka dapat dicat pada bagian permukaannya sehingga terlihat lebih halus rata.

Mudah bukan, perbaikan bisa dilakukan sendiri jika seandainya kerusakan bemper mobil tersebut tidak begitu parah, sehingga tak harus membawanya ke bengkel. Namun jika seandainya kerusakan yang dialami benar-benar parah ada baiknya untuk dibawa ke bengkel atau bahkan segera menggantinya dengan yang baru, sehingga kendaraan tidak tampak cacat.

Related Posts

Langkah Mudah Memperbaiki Bemper Mobil yang Penyok dan Robek Tanpa Membawanya Ke Bengkel
4/ 5
Oleh