Selasa, 05 Februari 2019

Jenis Pekerjaan Freelancer yang Cocok untuk Anda

Freelancer, sebuah hobi yang dibayar dengan uang. Ya, ungkapan tersebut rasanya tak cukup berlebihan untuk menggambarkan profesi pekerja lepas saat ini. Tren bekerja di mana saja dan waktu yang lebih mudah diatur seperti Freelance mampu menggoda setiap generasi modern. Tak perlu lagi terlihat bekerja kantoran, Anda juga bisa menghasilkan pendapatan untuk mencukupi kebutuhan harian kok. Tak percaya?  

Freelance

Kalau Anda tertarik menjadi salah satu bagian Digital Nomad, cek dulu jenis profesi kekinian yang mungkin cocok berikut ini. 

1.    Penulis lepas atau Blogger
Bagi orang yang suka membaca dan memiliki kegemaran menulis, bisa menjadipekerjaan lepas sebagai penulis atau blogger. Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa Anda ambil seperti copywriting, mengerjakan proyek pesanan artikel atau esai dari klien tertentu dan lain-lain. Tentu fleksibilitas mengatur waktu dan tempat mengerjakan bisa Anda tentukan sendiri. 

2.    Proofreader
Memiliki kemampuan mengecek dan mengoreksi naskah dengan baik, Anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi seorang proofreader. Tak harus bekerja 40 jam seminggu, Anda tetap bisa mendapatka  uang dengan memilih bekerja sebagai freelancer lho! Ada banyak penerbit dan percetakan yang membutuhkan jasa proofreader secara part time. 

Kalau Anda memiliki kemampuan yang kredibel di bidang penggunaan bahasa sesuai EYD, ketelitian tinggi mengecek kesalahan penulisan dan sebagainya, wajib mencoba jenis pekerjaan lepas satu ini. 

3.    Fotografer
Ya, media sosial menjadi salah satu alat marketing paling handal dewasa ini. Memberikan konten menarik berupa tulisan dan gambar menjadi syarat utama yang harus dipenuhi. Bagi Anda yang memiliki kemampuan dan hobi fotografi, bisa menjadi pekerja lepas di bidang satu ini. Ada banyak job menanti Anda seperti fotografi prewedding, acara sampai foto produk yang banyak ditawarkan online shop. 

Bahkan, fotografi kuliner menjadi salah satu pekerjaan lepas yang banyak diminati saat ini. Siapa tahu akun sosial media Anda yang dipenuhi contoh foto bakal mengundang banyak tawaran dari klien termasuk endorsement. Keren, bukan? 

4.    Programmer
Bagi orang yang senang berkecimpung di dunia IT, bisa mencoba pekerjaan yang lebih fleksibel dengan menjadi programmer. Anda bisa mengerjakan pekerjaan di rumah atau membawanya pergi berlibur. Jenis pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka aktivitas berinteraksi dengan orang lain terlalu sering. Duduk diam berjam-jam di depan layar komputer namun menghasilkan uang yang fantastis, kenapa tidak? 

5.    Desain grafis
Masih berada di jalur yang hampir sama dengan programmer, desain grafis memang membutuhkan waktu khusus berlama-lama di depan layar komputer. Tetapi, jenis pekerjaan lepas satu ini tidak memberikan tekanan berlebihan selama Anda bisa mengerjakan proyek sesuai tenggat waktu. Selain itu, hasil pengerjaan harus sesuai dengan pesanan klien. Membawa pekerjaan sembari liburan ke luar kota, kenapa tidak?

6.    Digital marketer
Kalau profesi kekinian satu ini memang booming beberapa tahun terakhir. Memanfaatkan kemajuan teknologi, Anda bisa mengeruk keuntungan besar dengan menjadi seorang digital marketer. Asal Anda pandai membuat dan memasarkan produk secara online, keuntungan bisa saja langsung masuk ke rekening pribadi. Tentu Anda butuh ide dan inspirasi agar sukses mengkampanyekan produk yang dipromosikan ya!

Ada banyak pekerjaan freelance yang bisa Anda manfaatkan sesuai minat dan bakat. Bekerja sesuai passion tentu bisa menghasilkan karya yang lebih produktif lagi. Anda bisa memilih pekerjaan sesuai dengan keahlian atau jurusan seperti penerjemah, arsitek, pemandu wisata,  virtual assistant dan masih banyak jenis pekerjaan lepas lain. Jadi, kata siapa freelancer tidak menjanjikan penghasilan maksimal di era Millenial ini?

Related Posts

Jenis Pekerjaan Freelancer yang Cocok untuk Anda
4/ 5
Oleh