Jumat, 28 Desember 2018

Tips Cara Memperbanyak ASI Bunda

Bagaimana Cara Memperbanyak Asi Bunda – Seperti yang sudah sering kita dengar bahwa ASI Ekslusif dari ibu adalah yang terbaik untuk anak. Bahkan organisasi kesehetan dunia WHO merekomendasikan pemberian ASI eksklusif  untuk 6 bulan pertama kepada anak dan dianjurkan dilakukan pemberian asi ekslusif selama mungkin. Namun tidak sedikut bunda yang khawatir pada saat memberikan air susu ibu ekslusif kepada anak ternyata air susunya tidak keluar atau sedikit sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati. Oleh karena itu mungkin ada beberapa cara memperbanyak ASI air susu ibu yang  mesti dilakukan oleh bunda agar air susunya memenuhi keperluan. 

Cara Memperbanyak ASI

Berikut ini presentercantik.com hadirkan beberapa info alasan mengapa air susu bisa sedikit dan juga tips cara bagaimana memperbanyak ASI untuk bunda.

Produksi Air Susu Ibu yang sedikut bisa saja terjadi karena berbagai hal namun yang sebenarnya pertama tama harus diketahui oleh bunda ialah bahwa semakin banyak Air Susu yang dikeluakan makin semakin banyak juga produksi Air susu tersebut.  Jadi, semakin sering menyusui maka produksi ASI juga semakin lancar dan melimpah hal tersebut tidak tergantung dari besar kecilnya ukuran payudara bunda.

Alasan Asi Sedikit Dan Cara Mengatasinya


Cara Menyusui Yang Kurang Sesuai
Cara menyusu bayi bisa mempengaruhi banyak tidaknya air susu yang keluar untuk sang anak. Posisi mulut bayi pada payudara Bunda yang tidak sempurna dapat menyebabkan buah hati bunda tidak bisa menyusu dengan baik dan sempurna. Hal tersebut bisa membuat jumlah Air Susu Ibu  yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit daripada seharusnya lalu secara otomatis itu bisa menyebabkan menurunnya stimulasi dan rangsangan tubuh dalam memproduksi ASI yang berakibat pada sedikitnya Air Susu Ibu yang diproduksi selanjutnya.

Jarang Memberikan ASI
Seperti yang beberapa kali aku sebutkan diatas bahwa makin sering Air Susu Ibu diberikan maka makin banyak pula air susu ibu kemudian diproduksi. Nah , jadi bunda janganlah pelit atau jarang memberikan ASI kepada buah hatinya ketika dia haus. Semakin sering semakin bagus namun janganlah memberikan ASI berlebihan cukup sesuaikan dengan keperluan anak anda .

Sebagi tips seorang bayi baru lahir biasanya hanya menyusu sekitar 20 menit pada tiap payudara dan  untuk frekuensi menyusu ASI pada bulan pertama, bayi harus menyusu 8-12 kali per hari. Setelah berusia 1-2 bulan, frekuensi menyusu mungkin malah akan berkurang menjadi 7-9 kali sehari. Frekuensi menyusu ASI Ekslusif ini terbilang lebih tinggi dibandingkan bayi yang mengonsumsi susu formula. Hal ini dikarenakan ASI dapat dicerna lebih cepat dan keluar dari sistem pencernaan juga lebih cepat.

Memberikan Susu Formula Bisa Menyebabkan Asi Bunda Sedikit
Tambahan susu formula yang diselingi untuk ASI bunda ternyata bisa menyebabkan produksi air susu bunda berkurang hal tersebut dikarenakan jika bunda memberikan susu formula yang bergantian dengan pemberian ASI untuk buah hati bunda dan penggunaan dot pada buah hati menyebabkan stimulasi menyusui yang berkurang. lalu, apabila bayi mengalami kesulitan dalam beradaptasi antara puting dan dot secara bergantian,maka buah hati akan lebih sulit untuk melakukan pelekatan yang benar kepada payudara bunda.

Biasakan Menggunakan Payudara Kanan Dan Kiri Bergantian
Untuk bunda yang biasanya hanya memberikan ASI dari satu sisi saja alangkah baiknya mulai sekarang biasakan untuk memberikan ASI secara bergantian dari payudara kiri dan kanan. Karena hal tersebut bisa mendorong buah hati bunda yang sedang menyusu yang mengantuk untuk menghisap lebih kencang untuk waktu yang lebih lama dibagian payudara sebelahnya sehingga membuat produksi ASI meningkat.

Related Posts

Tips Cara Memperbanyak ASI Bunda
4/ 5
Oleh