Sabtu, 29 Desember 2018

7 Jenis Makanan Sumber Energi Dan Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas Dan Pintar

  
Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

Siapa sih yang tidak ingin punya anak cerdas dan pintar? Setiap orang tua pasti mendambakannya.  Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk membuat anak cerdas adalah dengan mengatur pola makan dan juga menjaga asupan makanannya. Pada beberapa penelitian, ada yang menyebutkan perihal jenis makanan yang dapat menambah nutrisi otak agar anak cerdas dan pintar. Apa saja jenis makanan tersebut? Ini dia sebagian diantaranya.


1.    Sayuran Berwarna
Sayur-mayur yang memang kaya akan vitamin dan mineral memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya terutama untuk perkembangan otak anak. Ada beberapa jenis sayuran yang dipercaya dapat menjadi semacam asupan tambahan bagi nutrisi otak agar anak cerdas yaitu sayuran dengan ciri warna yang terang. Sayuran berwarna terang identik dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, tidak heran jika sayuran seperti ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak terlebih pada masa pertumbuhan. Beberapa jenis sayuran berwarna terang yaitu bayam, labu, wortel, tomat dan kangkung.

2.    Ikan Salmon
Dari sekian banyak jenis ikan, ikan salmon adalah yang terkenal dan dipercaya dapat mencerdaskan otak anak. Tidak berlebihan rasanya, mengingat ikan salmon memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya penelitian yang menyebutkan tentang hal ini. Meski harga ikan salmon terbilang mahal, ada saja orang tua yang berupaya agar anaknya bisa mencicipi ikan salmon. Tertarik mencoba juga?!

3.    Telur
Salah satu kandungan pada telur yang baik untuk perkembangan dan sangat dibutuhkan sebagai nutrisi otak agar anak cerdas ialah kolin. Kolin biasanya terdapat pada bagian kuning telur. Jenis makanan ini tergolong murah dan mudah didapatkan, terlebih untuk asupan perkembangan anak. Jika menginginkan telur dengan kandungan protein yang tinggi, bisa memilih jenis telur puyuh.

4.    Oatmeal
Oatmeal adalah jenis makanan lainnya yang dapat dikatakan sebagai jenis makanan yang baik untuk nutrisi otak agar anak cerdas. Beberapa kandungan dalam oatmeal yang bagus untuk tumbuh kembang anak adalah karbohidrat, serat, vit E, zinc dan potassium. Oatmeal bisa disajikan bersama dengan susu agar lebih nikmat saat disantap.

5.    Kacang Hijau
Termasuk jenis makanan yang cukup lengkap kandungan gizi dan nutrisinya, makanya kacang hijau sering disajikan saat posyandu sebagai tambahan makanan untuk balita dan anak-anak. Sebagian kandungan kacang hijau yang baik, tidak hanya bagi otak tapi juga perkembangan fisik anak adalah protein, karbohidrat, asam folat, zat besi, zinc, thiamin dan fosfor.

6.    Susu
Susu jenis minuman yang direkomendasikan untuk diminum oleh anak-anak pada masa pertumbuhan. Kandungan dalam susu seperti karbohidrat dan protein, membantu anak-anak dalam beraktifitas dengan maksimal. Kandungan ini juga sangat bermanfaat untuk otak yaitu sebagai sumber energi dan nutrisi otak agar anak cerdas. 

7.    Kacang
Siapa yang mengira, jika jenis kacang-kacangan juga termasuk dalam kelompok makanan untuk sumber nutrisi otak agar anak cerdas. Diantara jenis kacang-kacangan yang ada, kacang pinto dan kacang merah disinyalir paling bagus dikonsumsi karena kandungan omega-3 sangat tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Mengkonsumsi kacang dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga dapat membantu anak dalam berpikir dan berkonsentrasi dengan baik saat sedang belajar.

    Itu tadi 7 jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber asupan nutrisi otak agar anak cerdas dan pintar.  Semoga bisa menambah referensi semua.

Related Posts

7 Jenis Makanan Sumber Energi Dan Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas Dan Pintar
4/ 5
Oleh