Minggu, 30 Desember 2018

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberikan MPASI 6 Bulan

MPASI 6 Bulan

Bayi yang sudah memasuki masa usia 6 bulan dianggap sudah mampu mengonsumsi makanan pendamping ASI, atau yang biasa disingkat dengan MPASI 6 bulan, pada waktu ini pulalah orang tua sudah bisa memulai jadwal MPASI 6 bulan pada bayi.

Biasanya pada usia 6 bulan, bayi sudah bisa melakukan beberapa hal, seperti duduk dengan tegak, menyangga kepalanya dengan baik, menggerakkan makanan dengan lidahnya, dengan alasan inilah kenapa MPASI di lakukan pada usia 6 bulan setelah kelahiran.

Selain dari segi fisik luar, pencernaan pada bayi juga sudah berkembang pada usia ini, walaupun begitu pemberian ASI juga harus tetap dilakukan, fungsi MPASI sendiri adalah untuk memberikan gizi yang tidak ada pada ASI, contohnya seperti zat besi.

Tanda lainnya adalah dari segi sikap, biasanya si bayi mulai memperhatikan ketika Anda makan dan kemudian akan berusaha mengambil makanan yang Anda makan. Untuk memberika MPASI harus sabar, jangan tergesa-gesa, terutama pada masa awal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memberika MPASI 6 bulan, diantaranya adalah :

•    Sebaiknya kenalkan MPASI sayur-sayuran lebih dulu sebelum memberikan buah-buahan terlebih dahulu, kenapa ? hal ini untuk menghindari bayi lebih menyukai makanan manis seperti buah-buahan, ditakutkan nantinya akan sulit untuk memberikan MPASI sayur-sayuran.

•    Tambahkan MPASI yang makanan yang mengandung zat besi seperti wortel, kacang hijau, ubi jalar, labu, pisang, buah persik, apel, dan pir.

•    Jangan memberikan tambahan garam ataupun gula pada MPASI agar bayi bisa mengenal rasa asli dari makanan tersebut, selain itu Anda bisa menambahkan atau memberi selingan dengan air agar bayi lebih mudah menelan makanannya.

•    Saat mengenalkan makanan baru, tunggulah 3 hari setelah pemberian makanan, hal ini untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang terjadi pada bayi.

•    Konsistensi menjadi salah satu hal penting dalama pemberian MPASI, konsistensi yang dimaksud disini adalah dalam hal tekstur buburnya, pada awal pemberian MPASI jangan langsung memberikan yang kental, seiring waktu berjalan dan bayi sudah terbiasa Anda bisa mengurangi campuran susu agar makanan yang diberikan menjadi lebih kental.

•    Pada tahap perkenalan sebaiknya cukup berikan satu jenis campuran susu dan satu jenis MPASI saja, hingga bayi benar-benar terbiasa mengonsumsi makanan.

•    Jangan memberikan susu sapi ataupun madu pada bayi yang berusia dibawah 1 tahun, karena pencernaannya masih belum siap untuk hal ini.


Sebaiknya sebelum memasuki jadwal MPASI, anda sudah mengenali dengan baik kebutuhan ataupun kebiasaan bayi Anda, dan walaupun pada usia ini sudah dikenalkan makanan, ASI masih menjadi kebutuhan yang utama.

Agar bayi dapat menerima berbagai macam makanan padat dan berbagai macam tekstur bar, maka pemberiannya harus bertahap, tahapannya kurang lebih seperti ini :

•    Makanan semi cari, atau bubur
•    Makanan tumbuk
•    Dan terakhir, makanan kecil yang bisa dipegang oleh bayi

Yang perlu dicatat disini adalah, MPASI hanya sebagai pendamping ASI, selain itu jumlah yang diberikan seharinya kurang lebih sekitar 1-2 sendok perharinya. Selain itu jangan lupa berikan susu kepada bayi Anda sebelum menawarkan makanan pendamping asi pada bayi, ini merupakan cara yang tepat jika ingin membantu transisi ASI ke makanan padat.

Jika bayi diberikan MPASI terlebih dahulu sebelum makanan padat, ditakutkan bayi hanya menerima sedikit ASI, selain itu dengan cara ini dapat menghindarkan bayi dari penyapihan dini.

Related Posts

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberikan MPASI 6 Bulan
4/ 5
Oleh