Senin, 19 November 2018

5 Cara Mendidik Anak Cerdas sejak Dini Lewat Kegiatan yang Menyenangkan

Cara Mendidik Anak Cerdas

Bagaimana cara mendidik anak cerdas sangat beragam. Setiap orang tua memiliki cara masing-masing untuk mendidik anaknya menjadi anak yang cerdas. Cara mendidik anak bisa berbeda-beda karena orang tua tentu juga harus menyesuaikan dengan karakter anak. Setiap anak tumbuh dan berkembang dengan karakter mereka masing-masing dan perlu mendapatkan didikan yang sesuai agar bisa memberikan hasil optimal.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya bisa tumbuh sehat dan cerdas. Tentu bangga rasanya jika menyaksikan anak tumbuh sehat dan memiliki otak yang cerdas. Agar anak tumbuh sehat, orang tua bisa memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Sementara itu, agar anak bisa tumbuh cerdas maka orang tua perlu mendidik anak dengan cara yang tepat.
Mendidik anak memang tidak mudah namun juga tidak begitu sulit untuk dilakukan. Supaya efektif, anda perlu menerapkan cara mendidik yang paling menyenangkan bagi anak. Salah satu cara mendidik yang efektif untuk anak adalah melalui kegiatan-kegiatan yang menarik.

5 Kegiatan untuk Mendidik Anak
Anak-anak cenderung lebih suka menghabiskan waktunya untuk bermain dan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Akan jauh lebih mudah bagi anda untuk mendidik anak melalui berbagai kegiatan yang seru dan tidak membuat anak merasa bosan.Lalu, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan sebagai bagian dari cara mendidik anak cerdas sejak dini?
Berikut adalah 5 kegiatan yang efektif untuk mendidik anak cerdas :

1.    Menebak Gambar
Ajak anak untuk bermain tebak gambar. Anda bisa menggunakan gambar hewan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Minta anak untuk menyebutkan apa nama dari gambar yang anda tunjuk. Kegiatan ini bisa membuat anak mengenal benda-benda maupun makhluk hidup di lingkungan yang ada di sekitar mereka.

2.    Bermain Puzzle
Puzzle merupakan jenis permainan yang bisa melatih kecerdasan otak anak. Anda bisa memilih permainan puzzle mulai dari yang simpel sampai yang rumit. Selain puzzle, anda bisa mengajak anak untuk  bermain susun balok warna maupun bongkar pasang. Semua permainan ini akan mengasah kecerdasan dan kemampuan motorik anak.

3.    Menggambar dan Mewarnai
Ajak anak menggambar dan mewarnai. Kegiatan ini akan mengasah kecerdasan dan kreativitas anak. Biarkan anak berkreasi sesuka hatinya untuk menyalurkan ide yang ada di kepala mereka. Yang perlu anda lakukan adalah memberikan apresiasi dan memberikan arahan kepada anak ketika mereka membutuhkan bantuan.

4.    Bernyanyi
Anak-anak selalu suka bernyanyi. Anda bisa mengajak anak bernyanyi lagu-lagu anak yang mengandung pesan positif. Anak-anak bisa lebih mudah menerima pesan positif jika disampaikan dengan cara yang menyenangkan yaitu lewat nyanyian. Kalau perlu, anda bisa membuat lagu sendiri dengan lirik yang bertujuan untuk menyampaikan pesan positif.

5.    Jalan-Jalan
Ajak anak pergi jalan-jalan ke tempat yang edukatif. Anak-anak akan merasa bosan jika terus melakukan kegiatan di rumah. Akan jauh lebih menyenangkan jika mereka diajak pergi jalan-jalan. Anda bisa mengajak anak pergi ke kebun binatang, museum, maupun taman bermain. Pilih tempat yang sifatnya edukatif namun juga tetap menyenangkan.

Itulah tadi 5 pilihan kegiatan yang bisa anda lakukan sebagai upaya untuk mendidik anak anda. Ada banyak sekali cara mendidik anak cerdas sejak dini yang menyenangkan. Cobalah untuk berpikir lebih kreatif supaya anak-anak bisa tetap bermain namun juga sambil belajar. Ingat, jangan pernah memaksakan apapun kepada anak dan biarkan mereka melakukan kegiatan dengan hati yang senang.


Related Posts

5 Cara Mendidik Anak Cerdas sejak Dini Lewat Kegiatan yang Menyenangkan
4/ 5
Oleh