Sabtu, 28 April 2018

Rekomendasi Aktivitas Seru yang Bisa Anda lakukan di Rijksmuseum

Suka dengan karya-karya Vincent van Gogh? Letaknya berdekatan dengan Rijksmuseum. Museum ini bisa dikatakan yang paling besar dan paling terkenal di Belanda. Tepatnya di jantung kota Amsterdam. Sebelum terbang ke sana, daftarkan travel insurance dulu biar aman. Biar tidak bingung, inilah rekomendasi aktivitas seru di Rijksmuseum.  

perjalanan wisata rijksmuseum


Melihat Lukisan “The Night Watch”
Bagi warga Belanda, Rembrandt van Rijn adalah legenda. Lukisannya yang berjudul “The Night Watch” menjadi salah satu yang terbaik di Rijksmuseum. “The Night Watch” menjadi simbol masa keemasan Belanda di abad ke 17. Selain Rembrandt, ada pula pelukis tersohor lainnya, seperti Vermeer dan Frans Hals. 

Lukisan “The Night Watch” dibuat pada tahun 1642. Para wisatawan dari luar negeri sering mencari-cari lukisan ini. Oleh karena itu, jangan kaget kalau sesampainya di ruangan tempat “The Night Watch” dipajang bakal banyak yang datang. Ukurannya yang cukup besar, yakni 363 cm x 437 cm, jadi bisa dinikmati para pengunjung walau berdesak-desakan sekalipun. 

Tiap kali orang melihat “The Night Watch”, interpretasinya berbeda-beda. Bahkan untuk orang yang sama juga memiliki penafsiran berbeda atas lukisan tersebut. Tokoh utama dalam lukisan itu bernama Kapten Frans Banning Cocq. Kemudian yang di sampingnya ada Letnan Willem van Ruytenburch. Uniknya ada sapuan warna kuning sebagai simbol kemenangan.

Menyambangi 3 Rumah Boneka
Di Rijksmuseum ada 3 rumah boneka. Semuanya merupakan bagian dari koleksi kekayaan Petronella Oortman. Pada abad ke 17, Rumah boneka itu bukan berisi mainan, melainkan hobi saja. Apa yang membuat Rumah Bonekanya Petronella Oortman tidak biasa itu karena berbahan sama dan bagian-bagiannya persis dengan aslinya. 

Petronella Oortman dulunya memesan miniatur perselen dari Cina dan seperangkatnya. Rumah bonekanya dibeli dengan harga yang setara dengan rumah di kanal. Ia sangat mencintai rumah boneka itu yang kemudian diabadikan dalam lukisan. Pada abad selanjutnya, rumah bonekanya lebih mirip dengan rumah sungguhan.

Mampir di Cuypers Library
Anda tidak perlu klaim travel insurance dulu. Di Cuypers Library sama sekali tidak dipungut biaya kok. Biayanya sudah terhitung sejak Anda masuk ke Rijksmuseum. Cuypers Library merupakan surganya para pecinta buku. Tempat itu jadi yang tertua di sejarah perpustakaan di Belanda. Banyak karya klasik yang ada di sana. 

Begitu memasuki ruangannya, Anda akan dihadapkan pada rak-rak tinggi berisi penuh dengan buku-buku. Sudah sejak 1885 yang lalu, buku-buku di sana tersusun rapi berdasarkan katalognya. Uniknya, ketika Anda di sana, suasananya sangat tenang dan memang harus begitu. Biar tidak mengganggu atau saling mengganggu satu sama lain ketika membaca. 

Menatap Potret Pernikahan Isaac Massa dan Beatrix van der Laen
Potret tersebut dibikin oleh Frans Hals. Komposisinya betul-betul tidak biasa. Potret lukisan itu dibikin pada abad ke-17. Mengapa harus potret Isaac Massa dan Beatrix? Pada abad ke-17, pasangan tersebut yang terkenal karena senyuman yang penuh dengan cinta kasih. Masing-masing mengenakan pakaian pada zamannya. Lukisannya sangat detail. 

Koridor di Rijksmuseum
Sepintas mungkin kesannya biasa saja. Tapi coba lihat aktivitas di sana. Tidak sedikit yang memakai sepeda sambil jalan-jalan menyusuri koridor, bukan? Di Amsterdam, memang hanya Rijksmuseum yang membolehkan pengendara sepeda melaju di koridor. Anda juga boleh kalau mau. Sepanjang koridor, terpajang banyak karya seni yang luar biasa. 

Rijksmuseum memang gudangnya seni. Terutama seni lukisnya. Apabila Anda sudah selesai dengan museum ini, coba masuk ke museum sebelahnya, yakni Museum Vincent van Gogh. Berbagai koleksi terbaik Gogh ada di sana. Bila terjadi apa-apa ketika berkunjung ke museum, silakan klaim travel insurance-nya saja.

Related Posts

Rekomendasi Aktivitas Seru yang Bisa Anda lakukan di Rijksmuseum
4/ 5
Oleh