Sabtu, 17 Juni 2017

Tips Menentukan Tukang Bangunan

Tips Tukang Bangunan

Ketika sedang merencanakan untuk membangun rumah, Anda tentu membutuhkan tukang bangunan sebagai ahlinya. Pastinya Anda menginginkan tenaga kerja yang dapat bekerja dengan baik dan profesional untuk membantu Anda dalam membangun rumah. Oleh karena itu, dalam menentukan untuk memperkerjakan tukang bangunan, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Rekomendasi
Penting adanya rekomendasi baik dari kerabat, saudara atau kolega Anda dalam memilih tukang bangunan. Tentunya pengalaman orang-orang yang sudah pernah memperkerjakan akan sangat membantu untuk bisa memberikan bayangan ke depannya akan seperti apa. Selain itu, dengan adanya rekomendasi berarti pengguna sebelumnya sudah merasa puas dengan hasil yang telah dilakukan. Ini berarti tukang bangunan tersebut telah memberikan jasa dan pelayanan yang baik. Jangan malu banyak bertanya kepada orang-orang terdekat untuk bisa mendapatkan tukang bangunan yang terbaik.

Bandingkan
Setelah mendapatkan rekomendasi tukang bangunan, selanjutnya penting juga untuk Anda bisa melihat hasil pekerjaan tukang tersebut. Lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk bisa melihat hasil pekerjaan tersebut secara langsung. Anda tentu bisa menilai apakah hasil dari pekerjaannya baik dan rapi. Selain dari hasil pekerjaannya, perhatikan juga dari segi sikap dan perilaku. Pilihlah tukang yang rajin, disiplin, bertanggung jawab dan jujur. Bahkan jika Anda memang ragu, Anda bisa bandingkan dengan tukang bangunan yang lain dan memilih yang mana menurut Anda paling baik di antara keduanya.

Tarif
Secara umum, ada dua jenis cara pembayaran tukang bangunan. Pertama adalah cara pembayaran dengan penggajian secara harian. Untuk jenis pembayaran gaji seperti ini, Anda harus lebih disiplin dengan perencanaan awal dan lebih rajin mengawasi. Karena biasanya para tukang akan mengulur-ulur waktu agar proses pengerjaan semakin lama dan tetap mendapatkan gaji meski pekerjaan yang dilakukan tidak mencapai target. Di sisi lain, Anda juga bisa memberhentikan dalam hitungan hari saja ketika merasa tidak cocok dengan hasil pekerjaannya. 

Kedua adalah dengan sistem borongan. Berkebalikan dari pembayaran harian, dengan jasa borongan memang cenderung lebih murah dan biasanya mereka akan bekerja lebih cepat namun tidak terlalu memperhatikan dari sisi kualitas. Mereka ingin mengejar target agar gajinya bisa dibagi dengan baik. Karena semakin lama pekerjaan tersebut, semakin sedikit upah yang akan diperoleh. 

Selain itu, tanyakan juga mengenai bahan material, apakah harus disediakan oleh Anda atau akan disediakan oleh pihak tukang bangunan tersebut. Tak jarang ketika tukang bangunan yang mengurusi material, harganya akan dinaikkan sedikit. Tapi dengan hal tersebut berarti Anda tidak perlu repot-repot mencari dan membandingkan harga bahan-bahan bangunan.

Buat perjanjian
Jika Anda sudah menentukan tukang bangunan untuk mengerjakan bangunan Anda, maka selanjutnya adalah membuat perjanjian. Ajaklah berkeliling tanah dan sampaikan semuanya ke tukang bangunan. Ceritakan rencana Anda mengenai rumah tersebut, karena tukang bangunan tersebutlah yang akan melakukan realisasi dari apa yang Anda inginkan. Buat kejelasan mengenai segala sesuatunya. Atur jadwal pembangunan secara detail dan atur juga prosedur pembayarannya seperti apa. Hal ini tentu agar pembangunan dapat lebih jelas dan terstruktur setiap harinya. Bangunlah sebuah hubungan baik dengan tukang tersebut. Namun Anda harus tetap tegas agar tukang tersebut bisa bekerja secara disiplin. Begitu pula sebaliknya, Anda juga harus bisa disiplin dengan diri Anda sendiri. Jangan mengubah desain di tengah pengerjaan karena tentunya itu akan sangat mengganggu dan akan menghambat proses pembangunan rumah.

Kontrol
Setelah memulai pembangunan, jangan lupa untuk terus melakukan pengawasan. Baik saat Anda menggunakan jasa tukang bangunan harian ataupun jasa borongan karena bisa saja tukang tersebut tidak disiplin saat bekerja. Karena rajin melakukan pengawasan, Anda mungkin akan menemukan beberapa hal yang tidak berjalan dengan baik. Jangan ragu untuk menegur tukang jika memang melakukan kesalahan.

Related Posts

Tips Menentukan Tukang Bangunan
4/ 5
Oleh