Minggu, 21 Februari 2021

Assessment Online, Kemudahan untuk Menjamin Mutu Pekerja

 

Assessment Online


Memanfaatkan assessment untuk mendukung kinerja karyawan saat ini bisa dilakukan tanpa kontak langsung, yaitu dengan memanfaatkan online assessment Indonesia. Meskipun dilakukan secara online tanpa bertatap muka, tetapi hasil yang didapat tetap akurat, dan dari segi waktu juga lebih eisien. Sebab, tidak perlu lagi melibatkan banyak karyawan selama proses  pelaksanaannya. Perwakilan cukup memberikan bahan penilaian pada pihak assessment dan menunggu hasilnya secara online.


Kemudahan Assessment Online  untuk Pelatihan Karyawan
Siapa yang tidak menyukai proses mudah namun dengan hasil yang memuaskan. Inilah yang ditawarkan oleh proses assessment online. Proses inovatif namun tidak mengabaikan detail penilaian menjadi salah satu keunggulannya. Apa saja kemudahan yang bisa didapatkan?


1.    Efisiensi Waktu
Dalam melaksanakan pelatihan karyawan dengan sistem assessment konvensional, seringkali dapat memakan waktu yang cukup panjang. Hal tersebut dikarenakan proses pembagian assessment hingga pelatihan memerlukan waktu yang lumayan lama. 


Namun, hal tersebut tidak akan Anda temukan ketika menggunakan assessment online, karena dapat memangkas waktu. Jika ini dilakukan 10 tahun lalu, prosesnya mungkin akan lebih rumit dan merepotkan daripada konvensional. 


Pasalnya, dahulu ketersediaan jaringan internet sangatlah sulit, namun kini hal tersebut bukan lagi sebuah halangan. Jaringan internet semakin hari semakin mengalami perkembangan, dan mulai meluas ke daerah-daerah selain perkotaan. 


Jadi, dengan assessment online akan membuat waktu yang diperlukan untuk pelatihan karyawan terkuras habis, bahkan kurang. Hal ini dikarenakan tidak ada proses manual, semua dijalankan secara otomatis dengan sistem online. 


2.    Perekaman Data
Ketika melakukan pelatihan kerja dengan assessment konvensional, sudah pasti Anda perlu melakukan aktivitas rekap data dan biasanya dilakukan secara manual. Hal ini tentu dapat memberikan resiko kesalahan, apalagi jika jumlah karyawan sangatlah banyak.

Sedangkan jika dengan assessment online, perekaman data dapat dilakukan dengan mudah karena data-data bersifat digital. Hasil dari assessment akan dengan mudah di export ke dalam file-file yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi pengolah data.

Selain memudahkan Anda dalam perekaman data, assessment online juga membuat seluruh data-data hasil pelatihan karyawan tertata rapi. Hal ini tentu dikarenakan semua file bersifat digital, bahkan juga dapat dengan mudah ditemukan ketika Anda mencarinya lagi.

Kalau data-datanya berukuran terlalu besar, bagaimana? Hal tersebut bukanlah suatu persoalan yang berarti, karena Anda bisa mengembangkan sistem database sebagai tempat untuk mengelola data-data assessment.

3.    Fitur “Logic Piping”
Salah satu keunggulan yang bisa dinikmati dari assessment online untuk pelatihan karyawan adalah adanya fitur logic piping. Fitur ini merupakan fitur yang dapat mengarahkan karyawan ke pertanyaan selanjutnya dengan mengacu pada jawaban mereka.

Dengan begitu, jawaban yang berbeda akan membawa karyawan ke pertanyaan selanjutnya yang mungkin berbeda juga. Semua itu tergantung dengan jawaban dari pertanyaan yang diajukan sebelumnya.

Nah, dengan fitur ini secara teknis pengisiannya, maka akan sangat menghemat waktu. Namun perlu Anda ingat, bahwa dengan fitur ini kita dituntut untuk melakukan assessment yang lebih kompleks.


Untuk mendapatkan beragam manfaat tersebut, tentunya perusahaan juga harus waspada dalam memilih penyedia layanan  asesmen. Pastikan bahwa provider yang digunakan sudah memiliki pengalaman dan bisa menyediakan asesmen sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Posts

Assessment Online, Kemudahan untuk Menjamin Mutu Pekerja
4/ 5
Oleh