Rabu, 27 Januari 2021

Cara memasak nasi uduk khas betawi yang mudah

 

Nasi Uduk Betawi



Indonesia terkenal dengan keanekaragamannya. Itu terwujud dalam setiap aspek kehidupan seperti pakaian, bahasa, arsitektur, dan yang tak kalah penting yaitu adalah masakan. Setiap provinsi memiliki rasa dan hidangan yang berbeda, beberapa di antaranya dianggap sebagai makanan lezat nasional. Ada yang mudah dimasak dan ada juga yang sedikit rumit, tetapi semuanya memiliki satu kesamaan penggunaan rempah-rempah yang membuat rasanya menjadi sangat unik dan enak. Salah satu makanan khas indonesia yang terkenal yaitu adalah nasi uduk. Nasi uduk berasal dari ibu kota Indonesia yaitu Jakarta, nasi uduk adalah nasi santan ala Indonesia. Dimasak dengan santan untuk mendapatkan rasa gurih dan kemudian disajikan dengan lauk-pauk yang cukup banyak seperti ayam goreng, telur dadar gulung, tempe orek, dan berbagai lauknya lainnya. Nasi uduk adalah salah satu dari banyak hidangan berbahan dasar nasi dari indonesia . Nasi pada nasi uduk dimasak dengan santan bersamaan dengan serai, cengkeh, daun pandan, dan kayu manis. 

 

Prosesnya menghasilkan nasi yang sangat lembut dan harum, dan sebelum disajikan, setiap porsi biasanya diberi taburan bawang merah goreng. Ini adalah hidangan yang disajikan dengan berbagai lauk dan bumbu. Umumnya lauknya berupa ayam goreng atau telur balado, bihun, telur, tempe, tahu, teri goreng, dan kerupuk. Sambal biasa, sambal pedas, atau sambal kacang adalah bumbu yang paling umum disajikan dengan nasi uduk. Hidangan ini biasanya disajikan di warung, tempat makan tradisional Indonesia. Bisa juga dibeli yang sudah disiapkan dan dibungkus dengan daun pisang atau kotak plastik. Nasi uduk diyakini berasal dari Jakarta oleh karena itu banyak juga orang yang menyebutnya sebagai nasi uduk betawi, tetapi nasi uduk juga dapat ditemukan di daerah lain di Indonesia.


Untuk kalian yang ingin menyantap nasi uduk, kalian bisa membuat nasi uduk sendiri dirumah. cara membuat nasi uduk sangatlah mudah dan cepat, jadi langsung saja yuk kita buat nasi uduk dengan resep dan cara membuat nasi uduk yang ada di bawah ini.


Resep nasi uduk betawi
Bahan-bahan yang digunakan:
-    2 cangkir beras mentah
-    1 cangkir santan
-    3 gelas air
-    3 siung bawang putih, haluskan
-    5 lembar daun salam
-    2 batang serai
-    5 cm lengkuas (kurang lebih sebesar ibu jari)
-    1 sdt garam


Cara membuat nasi uduk
1.    Masukkan semua bahan ke dalam panci.
2.    Masak dengan api sedang hingga semua cairan terserap. Nasi masih setengah matang saat ini.
3.    Masukkan air secukupnya ke dalam kukusan, didihkan.
4.    Pindahkan “nasi uduk” setengah matang ke dalam kukusan, dan kukus selama 20 menit. Cobalah nasi. Lanjutkan mengukus jika nasi masih mentah selama 10 menit lagi.
5.    Jika menggunakan rice cooker: Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker dan masak.
Nasi uduk sekarang ini bisa kita temukan di berbagai tempat karena memang sudah banyak yang menjuanya, tetapi untuk apa membeli jika kita sudah mengetahui resepnya? Siapkan bahan-bahan nasi uduk di atas dan mulailah kreasikan nasi uduk yang kalian buat dengan lauk yang kalian sukai.

 Memakan lauk dengan nasi uduk yang gutih akan membuat suasana makan kalian menjadi sangat nikmat. Terimakasih sudah membaca artikel kami mengenai resep nasi uduk, semoga resep ini bermanfaat untuk kaian. Sampai jumpa lagi di resep masakan khas indonesia lainnya.


Related Posts

Cara memasak nasi uduk khas betawi yang mudah
4/ 5
Oleh