Minggu, 10 Februari 2019

Cara Mengatasi Difteri Dengan Bahan-Bahan Alami

Difteri


Penyakit difteri tidak boleh diabaikan begitu saja. Tak hanya mengganggu kesehatan, pada beberapa kasus penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu jika terindikasi mengalami difteri, sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan.
 
Penderita sakit ini umumnya adalah anak-anak. Walau begitu orang dewasa pun sangat mungkin terkena penyakit ini. Sering kali orang mengira penyakit ini radang biasa mengingat gejalanya yang mirip radang tenggorokan. Akan tetapi sebetulnya difteri berbeda dengan radang.
 
Cara pencegahannya umumnya dilakukan dengan vaksinasi pada saat usia anak. Lantas bagaimana jika anak terlanjur terkena difteri? Selain melakukan pengobatan medis, Anda juga dapat mencoba untuk melakukan pengobatan alami dengan menggunakan bahan-bahan berikut ini.  
 
1.    Jus NanasSakit difteri bisa diobati dengan menggunakan jus nanas. Jus nanas terkanal memiliki sifat anti radang dan karena itu bisa membantu untuk melakukan penyembuhan terhadap sakit ini. Kandungan pada jus nanas juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena terdapat antioksidan alami.
 
2.    Jeruk NipisKandungan vitamin C pada jeruk nipis berguna untuk melawan penyakit ini. Selain itu bahan ini juga udah ditemukan di sekitar kita sehingga siapapun mudah untuk melakukan pengobatan alami ini. Cara menggunakan jeruk nipis dalam pengobatan ini juga mudah. Jeruk nipis bisa dicampur dengan bunga rosella dan digunakan sebagai pengobatan alamiah.
 
3.    MengkuduMenggunakan mengkudu untuk mengatasi difteri juga dapat dicoba. Terdapat kandungan anti toksin pada buah mengkudu yang berguna untuk melawan racun yang terdapat dalam darah.
 
Fungsi mengkudu ini sebagai antibiotik alami untuk melawan bakteri. Kandungan lainnya yang terdapat pada mengkudu seperti terpenoid dan scolopetin juga berguna untuk meredakan radang tenggorokan serta membantu memperbaiki sel tenggorokan yang mengalami kerusakan.
 
4.    PinangPinang juga berguna dalam pengobatan alamiah untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Beberapa kandungan yang terdapat pada buah pinang seperti zat arecoline yang sifatnya basa keras. Buah ini dipercaya sejak dulu sebagai pengobatan alami untuk mengatasi sejumlah penyakit, termasuk yang berkaitan dengan tenggorkan.
 
5.    Bawang PutihSifat anti radang dan anti bakteri pada bawang putih sangat bagus untuk mengatasi penyakit ini. Bawang putih mengandung organusulfida yang efektif untuk melawan bakteri. Juga terdapat salvitine yang berfungsi untuk memulihkan sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.
 
6.    Jahe MerahBisa juga mencoba mengobati masalah tenggorokan dengan menggunakan jahe merah. Jahe mengandung beberapa senyawa baik seperti zingeron dan shogaol yang berguna sebagai obat alami bagi tubuh. Mengonsumsi jahe merah bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, tubuh menjadi lebih hangat, sirkulasi darah lebih lancar dan juga memiliki formula anti radang. 
 
7.    Kunyit Kunyit yang dikenal sebagai bahan dapur sejak dulu dipercaya sebagai salah satu obat mujarab. terdapat curcumin pada kunyit yang mengandung sifat anti inflamasi. Dengan sifatnya tersebut, bisa sangat efektif untuk mengatasi masalah yang terkait dengan tenggorokan.
 
8.    MaduBisa juga coba mengobatinya dengan memakai madu. Madu bisa dicampur dengan temulawak. Kombinasi kedua bahan ini sangat efektif untuk mengatasi masalah radang. Sebab keduanya memiliki kandungan seperti magnesium, natrium, kadmium hingga mangan yang bermanfaat untuk pengobatan alami tubuh. 
 
Itulah sejumlah pengobatan alami untuk penyakit difteri yang bisa dicoba. Meski sudah ada pengobatan medis, tidak ada salahnya jika Anda turut memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut. Lagi pula bahan alami ini lebih aman untuk tubuh.

Related Posts

Cara Mengatasi Difteri Dengan Bahan-Bahan Alami
4/ 5
Oleh