Selasa, 22 Mei 2018

5 Tips Agar Pertemanan Semakin Langgeng

Pertemanan merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan jika dilakukan dengan hati riang dan senang. Tapi terkadang pertemanan juga membawa perasaan yang menyebalkan hingga membosankan. Bagaimana caranya agar pertemanan tetap langgeng? Simak tips berikut ini agar pertemanan semakin langgeng: 

Pertemanan

1.      Saling Memahami dan Pengertian
Tips yang pertama ini harus Anda lakukan jika ingin pertemanan semakin langgeng. Ketika salah satu dari teman Anda memiliki masalah yang dia tidak mampu untuk menyelesaikannya, cobalah untuk membantu dirinya. Membantu seorang teman tidak harus selalu berupa materi, namun Anda juga harus memberikan support atas apa yang sedang dialaminya. Itulah gunanya teman yang sesungguhnya.

2.      Saling Memberikan Saran dan Pendapat
Jangan marah ketika teman kita memberikan saran ataupun pendapat, walau itu menyakitkan. Sebab, Anda tidak akan pernah mengerti bahwa ternyata pendapat dan saran dari teman jauh lebih baik daripada keputusan diri sendiri. Memang pertemanan itu seperti hidup tanpa pembatas tembok, sehingga Anda dapat saling terbuka satu dengan yang lainnya. Tapi harus tetap saling menjaga privasi satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, hubungan pertemanan semakin langgeng.

3.      Saling Percaya
Ujian saat berteman adalah rasa saling percaya. Menjaga kepercayaan satu dengan yang lainnya merupakan hal wajib dalam pertemanan. Jika teman Anda tidak ada yang ingin diceritakan jangan pernah mengambil keputusan bahwa ia tidak percaya dengan Anda. Melainkan, ia menjaga privasinya agar hanya dia dan Tuhan yang mengetahui. Terkadang tidak semua orang dapat menceritakan isi hatinya kepada teman bahkan sahabat sekalipun. Oleh sebab itu, jalinlah kepercayaan terhadap teman jika ingin pertemanan semakin langgeng.

4.      Saling menghargai
Pertemanan semakin langgeng jika terjalin rasa saling menghargai. Anda dan teman dapat saling menghargai dengan cara, jika salah satu dari teman Anda ingin menjaga privasinya hal yang harus dilakukan adalah menghargai keputusannya dan jangan memaksanya untuk bercerita. Sebab, ada saatnya seorang teman ingin menceritakan hal-hal privasi dan ada juga yang tidak ingin menceritakannya. Semua kembali kepada pribadi masing-masing. Untuk itu jika Anda ingin pertemanan semakin langgeng, cobalah lakukan hal yang satu ini.

Ingat bahwa semua manusia itu unik dan berbeda. Kita harus bisa saling menghargai perbedaan sudut pandang itu. Misalkan kamu seorang jemaat https://www.gkdi.org/ , dan temanmu adalah jemaat lain, ada baiknya kita selalu menjaga perkataan, dan sikap. Tidak bercanda dengan saling menjelekkan kepercayaan satu sama lainnya.

5.      Saling Memberi Dukungan
Dalam pertemanan tidak selalu berjalan dengan mulus dan selalu senang-senang saja, namun ada saatnya salah satu dari teman Anda mengalami hal yang berat menurutnya. Sikap Anda sebagai teman adalah, mencoba memberi dukungan kepadanya dan berikanlah dengan setulus hati. Sebab segala sesuatu yang diberikan dengan hati akan berdampak baik bagi penerima dan pemberinya. Untuk itu, lakukanlah hal ini jika ingin pertemanan semakin langgeng.

Itulah tips agar pertemanan Anda semakin langgeng, walau terjadi beberapa masalah kecil yang sepele namun dapat merusak hubungan pertemanan. Nah, ketika ada masalah antara Anda dengan teman, cobalah lakukan beberapa tips di atas agar dapat menjaga pertemana semakin langgeng. Selamat mencoba!

Related Posts

5 Tips Agar Pertemanan Semakin Langgeng
4/ 5
Oleh