Kamis, 06 April 2023

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Nyeri Haid

Penyebab Haid Tidak Lancar

 

Haid adalah proses alami yang terjadi pada tubuh wanita untuk mengeluarkan jaringan dan darah dari rahim setiap bulan. Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, namun beberapa wanita mengalami haid yang tidak lancar atau tidak teratur. Penyebab haid tidak lancar dapat bervariasi, mulai dari faktor fisik hingga faktor psikologis. Beberapa penyebab umum haid tidak lancar adalah:

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kondisi di mana ovarium menghasilkan terlalu banyak hormon androgen yang dapat mempengaruhi siklus haid. PCOS dapat menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan absen.

Gangguan tiroid
Gangguan tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme dapat mempengaruhi produksi hormon reproduksi dan menyebabkan haid tidak teratur.

Gangguan berat badan
Gangguan berat badan seperti kelebihan atau kekurangan berat badan dapat mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan haid tidak teratur.

Stres dan emosi
Stres dan emosi yang berlebihan dapat mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan haid tidak teratur.

Penggunaan kontrasepsi hormonal
Beberapa jenis kontrasepsi hormonal seperti pil KB atau suntikan depo-provera dapat menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan tidak ada.

Gangguan makan

Gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia dapat mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan haid tidak teratur atau bahkan absen.

Selain haid tidak lancar ada juga yang merasakan nyeri ketika haid. Bahaya nyeri haid yang berlebihan memang patut diwaspadai, karena beberapa penyakit bahaya awalnya ditandai dengan gejala nyeri haid yang berlebihan. Beberapa penyakit yang ditandai dengan nyeri haid berlebihan adalah, pertama dismenore sekunder, penyakit ini sering kali terjadi pada perempuan usia 20 tahun, namun jika Anda yang berusia 40 tahun keatas tiba-tiba merasakan nyeri haid yang tidak seperti biasanya maka lebih baik segera periksakan kesehatan organ reproduksi Anda. Penyakit kedua yang ditandai dengan nyeri haid berlebihan adalah Fibroid, fibroid ini adalah nyeri haid berlebih yang disertai dengan pendarahan yang berlebihan pula, bisa jadi Anda harus berganti pembalut setiap 1-2 jam sekali, biasanya penyakit ini dialami oleh perempuan pada usia 30-40an tahun. Penyebab penyakit ini adalah adanya tumor jinak seukuran biji jeruk atau biji apel pada saluran kemih.

Endometriosis adalah penyakit ketiga yang ditandai dengan nyeri haid yang berlebih. Penyebabnya adalah tumbuhnya lapisan yang seharusnya tumbuh pada rahim tapi malah tumbuh di organ sekitar rahim. Nyeri haid yang normal dengan nyeri Endometriosis memang terasa mirip, yang membedakannya adalah rasa nyeri saat berhubungan intim. Dan penyakit berbahaya terakhir adalah radang panggul, biasanya selain nyeri pada perut bagian bawah, makan penderita juga akan terserang demam. Penyebab dari penyakit ini adalah peradangan di daerah kemih, jika dibiarkan saja maka penyakit ini akan menjadi penyakit gonore atau chlamydia. Segala informasi menarik tentang menstruasi dapat Anda dapatkan di laman website charmgirlstalk.com. Dalam laman ini berisi seputar informasi dan segala permasalahan haid, sangat cocok untuk Anda yang masih remaja sampai yang berusia dewasa menjelang senja.

Di laman website di atas selain mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang dunia perempuan khususnya menstruasi, Anda juga dapat menikmati berbagai macam produk yang ditawarkan yaitu katalog produk, sampling, dan layanan bertanya pada dokter yang sebelumnya Anda harus login dahulu sebelum menikmati produk dan layanan yang ditawarkan. Jika nyeri haid yang Anda rasakan masih berlebih segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Related Posts

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar Dan Nyeri Haid
4/ 5
Oleh