Senin, 19 Juli 2021

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping CDR Untuk Ibu Hamil?

Manfaat CDR

 

CDR atau Calcium D Redoxon adalah vitamin untuk tulang yang memiliki banyak khasiat, khususnya untuk ibu hamil. Sebab, ibu hamil membutuhkan kalsium yang lebih banyak dari sebelumnya untuk mencegah komplikasi kehamilan. Lantas, sebenarnya apa saja manfaat CDR untuk ibu hamil dan bagaimana cara minum yang benar agar tidak terjadi efek samping? Yuk simak!

 

Apa Itu Calcium D Redoxon (CDR)?
CDR adalah suplemen kalsium untuk tulang yang dijual secara bebas, artinya anda bisa membeli vitamin ini tanpa resep dari dokter. Suplemen ini memiliki komposisi kalsium, kalsium karbonat, dan vitamin D, sehingga memiliki manfaat untuk menjaga tulang. CDR memiliki dua jenis, yaitu CDR dan CDR Fortos.


CDR diperuntukkan untuk pria dan wanita yang usianya di bawah 40 tahun dan CDR jenis ini terdiri dari dua varian rasa, yaitu fruit punch dan jeruk. Sementara itu, CDR Fortos yang memiliki lebih banyak kalsium diperuntukkan untuk orang yang usianya lebih dari 40 tahun. Lalu, apakah CDR boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya adalah boleh.


Sebab, seorang wanita yang sedang hamil membutuhkan kalsium yang lebih banyak untuk mencegah terjadinya komplikasi kehamilan dan menjaga pertumbuhan janin. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi CDR untuk ibu hamil, sebaiknya tetap melakukan konsultasi kepada dokter agar tidak terjadi kesalahan dosis dan hal lain yang justru membahayakan.


Peringatan Sebelum Mengonsumsi CDR
Meskipun tergolong sebagai obat bebas yang bisa dibeli oleh siapa saja, CDR juga memiliki pantangan untuk beberapa kondisi kesehatan. Suplemen kalsium ini tidak diperuntukkan untuk anda yang menderita hiperkalsemia. Demikian pula untuk anda yang menderita stroke, penyakit, ginjal, jantung, kanker, batu saluran kemih, dan gangguan kelenjar paratiroid.


Sementara itu, ibu hamil disarankan tetap mengutamakan kebutuhan kalsium dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sedangkan, suplemen kalsium CDR ini hanya sebagai pelengkap yang mendukung asupan kalsium bagi ibu hamil. Untuk penderita kadar asam lambung yang rendah (achlorhydria) harus makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen kalsium ini.


Hal penting yang perlu anda ketahui adalah tidak semua orang bisa cocok dengan CDR ini, sehingga sangat mungkin untuk timbul reaksi alergi. Untuk itu, jika anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi CDR untuk ibu hamil ini, maka segera hubungi dokter untuk mencegah kondisi yang lebih serius.


Cara Mengonsumsi CDR yang Benar dan Efek Sampingnya
Agar tidak terjadi overdosis atau kesalahan dalam mengonsumsi CDR, maka anda harus perhatikan dengan baik aturan minum CDR yang diberikan oleh dokter. Pada dasarnya, suplemen kalsium ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Namun, ada beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan minum setelah makan, seperti kadar asam lambung yang rendah.


Selain itu, simpan suplemen kalsium ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Namun, anda tidak bisa mengandalkan suplemen ini sepenuhnya, sehingga anda juga perlu mendapatkan asupan kalsium dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.


Efek samping CDR untuk ibu hamil akan muncul jika tidak dikonsumsi sesuai dengan aturan pakai dari dokter. Diantara efek samping yang mungkin terjadi adalah muntah, sakit perut, dan sembelit. Untuk itu, penting sekali mengikuti petunjuk dokter agar tidak overdosis atau salah cara.


Secara umum, wanita yang sedang hamil membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dari sebelumnya, sehingga diperbolehkan untuk mengonsumsi CDR. Akan tetapi, penggunaannya tetap sesuai dengan pengarahan dari dokter agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya.

Related Posts

Apa Saja Manfaat dan Efek Samping CDR Untuk Ibu Hamil?
4/ 5
Oleh