Rabu, 20 November 2019

Hati-Hati, Titik Nyeri di Perut Ini Bisa Jadi Pertanda Penyakit Kronis!

Nyeri Perut Presentercantik
 
Nyeri perut dapat dirasakan hanya pada titik tertentu, kram, atau mulas. Nyeri pada titik tertentu terbatas pada satu area perut. Jenis rasa sakit ini sering disebabkan oleh masalah pada organ tertentu. Penyebab paling umum dari nyeri ini adalah tukak lambung (luka terbuka pada lapisan dalam lambung). Nyeri seperti kram dapat dikaitkan dengan diare, sembelit, begah, atau perut kembung. Pada wanita, itu dapat dikaitkan dengan menstruasi, keguguran, atau komplikasi pada organ reproduksi wanita. Rasa sakit ini datang dan pergi, dan dapat mereda dengan sendirinya tanpa pengobatan. Nyeri haid yang berlebihan ada baiknya untuk mengonsultasikan ke dokter. Nyeri seperti mulas adalah gejala kondisi yang lebih parah, seperti batu empedu atau batu ginjal. Nyeri ini terjadi secara tiba-tiba dan mungkin terasa seperti kejang otot yang parah. 
 
Titik rasa sakit di perut mungkin bisa memberi petunjuk akan penyakit apa yang diderita. Nyeri yang terjadi secara umum di seluruh perut (tidak pada satu area spesifik) dapat mengindikasikan radang usus buntu, cedera traumatis, gejala iritasi usus besar, infeksi saluran kemih, dan flu.
 
Nyeri yang terfokus pada perut bagian bawah dapat mengindikasikan radang usus buntu, obstruksi usus, kehamilan ektopik (kehamilan yang terjadi di luar rahim)
 
Pada wanita, rasa sakit pada organ reproduksi perut bagian bawah dapat disebabkan oleh nyeri haid yang parah (disebut dismenore), kista ovarium, keguguran, fibroid, endometriosis, penyakit radang panggul, dan kehamilan ektopik
 
Nyeri perut bagian atas mungkin tanda sakit batu empedu, serangan jantung, hepatitis (radang hati), dan pneumonia. Rasa sakit di tengah perut mungkin berasal dari radang usus buntu, gastroenteritis, cedera uremia (penumpukan limbah dalam darah). Nyeri perut kiri bawah mungkin disebabkan oleh kanker, infeksi ginjal, kista ovarium, dan radang usus buntu
 
Nyeri perut kiri atas kadang-kadang disebabkan oleh limpa yang membesar, impaksi tinja (feses mengeras yang tidak bisa dikeluarkan), cedera, infeksi ginjal, serangan jantung, dan kanker. Penyebab nyeri perut kanan bawah bisa pertanda sakit radang usus buntu, hernia (ketika organ menonjol melalui titik lemah pada otot perut), infeksi ginjal, kanker, dan flu.

Related Posts

Hati-Hati, Titik Nyeri di Perut Ini Bisa Jadi Pertanda Penyakit Kronis!
4/ 5
Oleh