Kamis, 21 Maret 2019

5 Macam Tipe Adaptor Konverter Ini Berguna Bagi Smartphone-mu

Istilah konverter mungkin masih terdengar asing di telinga kita, khususnya bagi orang-orang awam. Konverter merupakan salah satu alat elektronika yang dapat mengkonversi arus output DC (Direct Current) atau AC (Alternating Current). Sebagai contoh, ketika kita akan menstabilkan arus  genset, kita menggunakan konverter dari arus genset 110v menjadi 25v. 

Konverter

 
Istilah konverter tidak jauh dari istilah adaptor. Adaptor merupakan sebuah alternatif pengganti dari tegangan DC (misalnya; baterai, aki) karena penggunaan AC yang relatif lebih lama. Singkatnya, alat ini berfungsi untuk mengubah tegangan AC yang tinggi ke DC yang rendah. Penggunaan Adaptor di kehidupan sehari-hari seperti pesawat televisi mini, radio, dan lain-lain.
 
Dewasa ini, kehidupan masyarakat kita tidak bisa lepas dari penggunaan gadget kapanpun dan dimanapun, misalnya smartphone, charger, kabel data, flashdisk, dan barang lainnya. Kita selalu membutuhkannya ketika sedang bekerja, sekolah, maupun liburan. Untuk itu, agar memudahkan dalam penggunaannya dan menghubungkan satu sama lainnya, kita membutuhkan adaptor konverter. 
 
Adaptor konverter sangat memudahkan kita khususnya dalam penggunaan gadget. Hal tersebut dikarenakan adanya kebutuhan untuk meningkatkan performa pada gadget maupun perangkat digital lainnya agar tujuan dapat terpenuhi, dan adanya keadaan mendesak yang mengharuskan kita menggunakan alat bantu.
 
Sebagai contoh, ketika storage ponsel penuh kita bisa menggunakan flashdisk sebagai storage tambahan dengan menggunakan OTP Adapter, ketika akan membuka file dari flashdisk kita bisa membukanya menggunakan smartphone, dan masih banyak contoh lainnya. Untuk itu, mari simak ulasan beberapa jenis Adaptor Konverter yang bisa digunakan pada smartphone.
 
1.    USB 3.0 to USB3.1 Type C
USB tipe ini dapat menggunakan kabel Micro USB  untuk kemudian dihubungkan dengan gadget yang memiliki port USB 3.1 tipe C. Selain itu, USB tipe C mendukung sejumlah mode audio dan video, juga mengatur konektor untuk menjadi pengganti headphone jack 3.5 mm dan kabel HDMI.

2.    Micro USB to Lightning Apple
Kabel jenis ini dapat digunakan di semua perangkat lighting seperti Apple, iPhone, iPad, iPod, dan lain-lain. Kabel ini dapat mengisi baterai iPhone melalui smartphone Micro USB seperti Android, dan mentransfer data antar smartphone dengan cepat. Kabel ini sangat cocok jika kita sedang berada dalam keadaan darurat. Sehingga tidak ada salahnya untuk selalu menyimpan alat ini di dalam tas setiap kali bepergian.

3.    Jack 3.5 mm to 6.5 mm
Jack 3.5 mm to 6.5 mm ini berfungsi sebagai converter untuk transmisi audio yang dapat menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas tinggi.

4.    HDMI to Dual RJ45
Fungsi dari adapter ini yaitu untuk memanjangkan HDTV hingga jarak 30 m melalui jaringan Ethernet. Video yang ditransfer dapat mencapai resolusi 1080p. Dua buah ethenet dapat digunakan untuk mentransfer dua buah video ke dua buah output secara bersamaan.

5.    Micro USB to USB 3.0
Kabel ini dapat digunakan untuk menghubungkan HP, computer tablet, konsol game, dan perangkat digital lainnya  yang menggunakan Micro SD. 
 
Itulah beberapa tipe adaptor konverter yang dapat menunjang kebutuhan kita. Sebenarnya masih banyak lagi jenis dan tipe dari adaptor tersebut. Mengingat jenisnya sangat banyak, upayakan untuk cermat ketika memilihnya agar konverter yang dibeli sudah sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan sampai salah memilih yang akhirnya justru menjadikan fungsinya kurang maksimal karena tidak sesuai dengan yang Anda cari.

Related Posts

5 Macam Tipe Adaptor Konverter Ini Berguna Bagi Smartphone-mu
4/ 5
Oleh