Kamis, 23 November 2017

3 Macam yang Menjadi Sebab Terjadinya Gagal Ginjal


Gue Sehat

Ginjal adalah salah satu organ tubuh bagian dalam yang mempunyai peran dan fungsi sebagai penyaring racun dari olahan makanan serta sebagai penyuplai darah ke seluruh tubuh. Racun yang telah dinetralisir oleh ginjal, kemudian disalurkan pada kemih untuk selanjutnya dibuang melalui air seni. Ketika ginjal mengalami gangguan fungsi, maka semua organ tubuh akan rentan mengalami gangguan kesehatan yang berakibat sangat buruk. Gagal ginjal adalah suatu keadaan dimana ginjal tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsi utamanya, sehingga beberapa efek buruknya akan berimbas pada organ tubuh yang lainnya. Penyebab gagal ginjal bisa dimungkinkan oleh beberapa faktor, diantaranya ada 3 macam penyebabnya.

1.    Kesulitan buang air seni berakibat pada gagal ginjal
Hal semacam ini selalu dirasakan oleh penderita gagal ginjal, karena adanya indikasi penyumbatan yang meningkat pada arteri  pembuluh di area ginjal, sehingga ginjal tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Bahkan penyebab kesulitan buang air seni ini diakibatkan karena adanya gangguan pada organ disekitar kantung kemih dan alat vital. Biasanya juga sering menjadi penyebab pokok adalah adanya sel kanker yang tumbuh, seprti kanker serviks, kanker usus besar, kanker prostat dan lain – lain.

2.    Hilangnya pasokan darah ke ginjal berakibat pada gagal ginjal
Ginjal sebagai fungsi untuk menyaring racun dari makanan yang telah diolah sebelumnya serta sebagai penyalur darah ke seluruh anggota tubuh. Ketika pasokan darak ke ginjal berhenti dengan tiba – tiba, maka kondisi pada fungsi ginjal akan berhenti seketika dan berakibat terjadinya gagal ginjal.

3.    Ginjal yang ruksak berakibat gagal ginjal
Faktor ke tiga ini menjadi penyebab yang sering dialami oleh penderita ginjal. Kerusakan organ ginjal akan secara otomatis tidak akan berfungsi sesuai perannya, sehingga dengan berjalannya waktu ginjal akan semakin ruksak dan efek buruknya akan berakibat pada gagal ginjal. Makanya sebelum terjadi hal yang lebih buruk, ketika terasa adanya gangguan dari cici – ciri rusaknya ginjal, sebaiknya segera direspon dengan cepat dan lakukan pemeriksaan secara berkala.

Itulah 3 macam penyebab gagal ginjal yang kerap dirasakan oleh penderitanya.

Related Posts

3 Macam yang Menjadi Sebab Terjadinya Gagal Ginjal
4/ 5
Oleh