Minggu, 24 Juni 2018

Kredit Tanpa Agunan, Apakah itu?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman yang tidak memerlukan agunan atau jaminan. Jenis kredit semacam ini biasanya dimanfaatkan oleh nasabah bila ada kebutuhan mendesak dan tidak ada agunan yang bisa diajukan untuk aplikasi kredit. Nasabah bisa mengajukan aplikasi kredit ini ke bank atau pun lembaga keuangan non-bank. Nasabah bisa datang sendiri ke bank yang sudah dipilih atau mengajukan aplikasi KTA via online melalui CekAja. Di CekAja nasabah bisa membandingkan produk-produk KTA masing-masing bank dan memilih bunga yang paling ringan juga besaran cicilan yang lebih murah yang sesuai dengan penghasilan per bulan.  

Kredit Tanpa Agunan KTA
 
Persyaratan KTAPersyaratan KTA tergolong tidak merepotkan. Pada umumnya bank-bank penyedia KTA meminta nasabah melengkapi berkas dengan fokopi identitas, Kartu Keluarga, NPWP, slip gaji, fotokopi rekening koran, SIUP bagi nasabah perusahaan, dan surat izin praktik bagi nasabah kalangan profesional. Jika anda gunakan aplikasi kredit via online, anda hanya perlu mengunggah dan mengirimkan berkas anda, tanpa perlu datang langsung ke bank.
 
Verfikasi KTAAplikasi kredit yang diajukan oleh nasabah selanjutnya akan ditaksir dan diverifikasi oleh pihak bank atau lembaga keuangan. Semua persyaratan yang sudah dikumpulkan akan dicek dan dikroscek kepada tetangga atau kerabat. Selain itu, akan ada pengecekan kepada Bank Indonesia atau BI. Bila nasabah pernah tercatat memiliki riwayat kredit yang buruk, maka besar kemungkinan aplikasi kredit ditolak. Sebaliknya, bila nasabah tepat waktu dalam membayar angsuran, maka aplikasi akan mudah diterima.
 
Untuk aplikasi yang diajukan via online seperti di CekAja, maka proses verifikasi akan diajukan via telepon, atau petugas bank mendatangi kediaman nasabah. Nasabah tidak perlu datang langsung ke bank untuk wawancara.
 
KTA Lebih Baik dari Kartu Kredit KTA bisa diandalkan untuk melunasi utang kartu kredit, karena bunga yang ditetapkan KTA pada umumnya fix atau tetap sepanjang masa kontrak. Selain itu, yang lebih penting, besarnya bunga KTA jauh lebih murah dibanding kartu kredit. Jika dulu banyak orang yang ingin berwirausaha dan mengajukan aplikasi kartu kredit untuk mendapatkan modal, maka sekarang ini, lebih dianjurkan memanfaatkan KTA untuk modal berbisnis.
 
Akan tetapi, diantara bank dan lembaga keuangan yang menyediakan KTA sebagian mensyaratkan nasabah untuk memiliki kartu kredit setidaknya dalam jangka waktu 1 tahun terakhir. Syarat ini dimaksudkan untuk memudahkan pihak bank untuk memantau riwayat kredit nasabah, apakah ia tepat waktu membayar tagihan atau sering menunggak dan sering over limit ataukah tidak.
 
Berapa besar pinjaman di KTAProduk KTA setiap bank rata-rata menyediakan pinjaman sekitar Rp. 5 juta hingga Rp. 300 juta. besarnya pinjaman tentu saja disesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan nasabah. Biasanya, bank akan memberikan pinjaman yang besarnya tidak lebih dari 30% sampai 60% penghasilan nasabah.

Related Posts

Kredit Tanpa Agunan, Apakah itu?
4/ 5
Oleh