Sabtu, 20 Juli 2019

Teruntuk Anak Kost, Yuk Terapkan 5 Tips Ini Agar Hidupmu jadi Lebih Hemat

Hemat Anak Kost
sumber : mamikos.com

Menjalani hidup hemat agar bisa mencapai masa depan yang lebih baik lagi memang menjadi impian banyak orang. Namun sampai saat ini, masih banyak orang yang gagal untuk menghemat padahal mereka sudah berusaha meminimalisir pengeluaran uang bulanan. Apalagi buat kamu yang seorang anak kost tentunya sering merasakan kantong tipis di akhir bulan karena pengeluaran yang banyak. 
 
Sebenarnya banyak sekali cara agar kamu bisa hidup lebih hemat sebagai generasi millenial dan anak kost. Salah satunya adalah dengan tidak menganggap remeh hal-hal kecil yang sudah menjadi kebiasaan. Itu sebabnya, di kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 tips gaya hidup hemat yang bisa kamu terapkan sebagai anak kost.  Yuk, simak terus 5 tipsnya di sini! 
 
1.    Masak Sendiri
 
Masak Sendiri
sumber : tribunnews.com
Nah, hal pertama yang harus kamu coba terapkan adalah memasak sendiri. Dengan memasak sendiri bisa dipastikan cara ini bakal ampuh banget untuk menghemat pengeluaranmu. Wah, kok bisa? Jelas bisa, kamu hanya perlu belanja bahan makanan segar di pasar untuk keperluan seminggu. Lalu kamu bisa memasaknya untuk menu makan siang dan sore yang bisa kamu hangatkan dengan microwave. Oh iya, kamu juga bisa menggunakan microwave dengan merk sharp yang pastinya akan lebih hemat listrik dan punya kualitas bagus. Daripada kamu membeli makanan diluar yang belum tentu memiliki kandungan gizi sehat atau tidak, lebih baik masak sendiri kan? Selain itu, kamu juga bisa mempraktekan keahlian memasakmu dengan melihat tutorial melalui media sosial. 

 
2. Bawa Bekal Sendiri
 
 
sumber : idntimes.com
Sama seperti poin di atas, membawa bekal ke kantor atau kampus ternyata ampuh banget untuk memangkas pengeluaran dalam sebulan. Meski makan siang diluar tergolong praktis, tapi dengan membawa bekal sendiri  mampu memotong setengah pengeluaran untuk makan siang. Kamu juga nggak perlu memasak menu yang ribet-ribet yang bisa menyita waktu banyak untuk membawa bekal. Cukup masak dengan menu yang mudah dan simple seperti nasi goreng, roti atau sandwich. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari membawa bekal sendiri adalah kamu akan terbiasa bangun pagi sehingga tidak perlu lagi merasa khawatir takut terlambat berangkat kerja atau ke kampus. Gimana, praktis kan? 
 
3. Bawa Minum Sendiri
 
sumber : cashbac.com
 
Kalau kamu bosan dengan menu masakan sendiri, sesekali makan di luar juga boleh kok asal air minumnya tetap bawa sendiri, ya! Jadi, pengeluaranmu hanya akan berkurang sedikit jika kamu selalu membawa air minum ketika ingin makan diluar. 
 
4. Matikan perlengkapan elektronik yang sedang tidak digunakan
 
sumber : meramuda.com
Selain bisa menghemat energi, dengan mematikan perlengkapan elektronik yang sedang tidak terpakai juga bisa membuat tagihan listrikmu jadi berkurang. Meski tidak banyak, tetapi hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan, lho.
Jadi, jika kamu sudah selesai mengisi daya laptop, ponsel atau televisi pastikan agar kabelnya sudah tercabut dari stop kontak. Kenapa? Hal itu dikarenakan kabel yang masih tersambung di stop kontak maka aliran listrik terus berjalan 
 
5. Jangan ragu untuk menolak ajakan shopping atau nongkrong
 
Ajakan Nongkrong
sumber : finansialku.com
Di awal bulan ajakan shopping atau sekedar nongkrong bareng temen di tempat-tempat yang lagi hits memang terlihat menyenangkan. Akan tetapi jauh lebih baik jika kamu bisa menahan dan menolak ajakan temanmu demi mencapai hidup hemat yang lebih cerah. Sebenarnya boleh kok shopping untuk keperluan yang urgent asal kamu tetap konsisten dan terkontrol. 
 
Kenapa kamu harus lakukan hal ini? Alasannya biar di pertengahan bulan nanti kamu enggak bakal bingung karena kondisi dompet yang menipis. Selain itu, jika uang bulananmu masih ada sisa kamu juga bisa menabungnya untuk kebutuhan yang lebih penting.
 
Gimana? Ternyata menerapkan untuk hidup lebih hemat agar bisa menabung demi masa depan nggak sesulit yang dibayangkan, kan?

Related Posts

Teruntuk Anak Kost, Yuk Terapkan 5 Tips Ini Agar Hidupmu jadi Lebih Hemat
4/ 5
Oleh